Wengernalpbahn (Wengernalp Railway), Perusahaan kereta api (KA) daerah wisata Jungfrau, Switzerland kedatangan lokomotif listrik pertama dari 3 unit lokomotif baru yang dipesan untuk memperkuat armadanya. Lokomotif listrik mungil ini menjadi pembuka sebelum 2 unit lainnya tiba di Jungfrau secara bertahap.
Wengernalpbahn memesan 3 unit lokomotif listrik bergerigi untuk dioperasikan di jalur Wengernalp yang merupakan layanan angkutan penumpang untuk daerah pegunungan es Jungfrau yang masih termasuk dalam jajaran pegunungan Alpen. Lokomotif mungil ini memiliki lebar sepur 800 mm dan berjalan di jalur KA bergerigi karena melayani lintasan dengan perbedaan ketinggian yang sangat curam.
Lokomotif ini dipesan Wengernalpbahn kepada Stadler Rail dan diproduksi di fasilitas produksi miliknya di Bussnang, Switzerland yang merupakan pabrik merangkap kantor pusat manufaktur sarana tersebut. Kontrak pemesanan senilai 13,5 Juta Swiss Franc untuk 3 unit lokomotif ini dirilis pada Oktober 2019 lalu dan ditargetkan seluruh lokomotif tersebut dapat dioperasikan di tahun 2022 ini. Setelah kedatangan perdana lokomotif imut ini, kedua lokomotif berikutnya direncanakan untuk tiba di Jungfrau pada bulan April dan Mei 2022.
Lokomotif listrik baru Wengernalpbahn ini memiliki 4 gandar dengan panjang 13,5 m dan menghasilkan daya keluaran mencapai 300 kW, serta gaya traksi (Tractive Force) sebesar 240 kN. Dirancang untuk jalur pengunungan dengan lintasan yang curam dan bergerigi, lokomotif ini mampu melahap jalur dengan gradien tanjakan hingga 250‰ (permil). Hal ini berimbas kepada kecepatan lokomotif yang tentunya tidak membutuhkan kelajuan yang tinggi, sehingga lokomotif ini hanya mampu mencapai kecepatan maksimal 28 km/jam saja.
Wengernalpbahn yang berada di wilayah selatan Switzerland ini memiliki lintasan jalur tunggal (single track) sepanjang 19,11 km yang dibuka pada tahun 1893. Memiliki lebar sepur dengan 800 mm, jalur ini sepenuhnya terelektrifikasi dengan aliran listrik aliran atas (LAA) bertegangan 1.500V DC dan disalurkan ke kereta melalui pantograf. Jalur ini digunakan sebagai akses penglaju bagi warga setempat dan juga pilihan untuk mengakses puncak gunung Jungfrau bagi wisatawan, yang terkoneksi dengan beberapa jalur KA pegunungan lainnya.
Cemplus Newsline by KAORI