Myanmar Railways, operator kereta api (KA) nasional milik Myanmar kedatangan tambahan armada dari Tiongkok. Sebanyak dua buah lokomotif tipe CKD7B telah dikirim dari pabrik China Railway Rolling Stock Corporation (CRRC) Dalian di Liaoning, Tiongkok. Kedatangan dua lokomotif ini merupakan pengiriman lanjutan dari pembelian yang disepakati oleh CRRC Dalian dengan Myanmar Railways.

Lokomotif CKD7B ini merupakan lokomotif yang yang dirancang khusus untuk kondisi lokal di Myanmar. Dengan lebar rel 1,000 mm (metre-gauge), lokomotif ini menggunakan bogie dua gandar dengan konfigurasi Bo-Bo-Bo. Konfigurasi bogie ini memungkinkan lokomotif tersebut untuk beradaptasi dengan kondisi jalur rel yang buruk, tanjakan yang curam (gradient hingga 40‰), serta tikungan tajam dengan radius minimal 62 m. Tidak hanya itu, perangkat sistem mikrokontroller serta layar display juga telah ditanam di dalam lokomotif ini.

Lokomotif yang memiliki kabin ganda ini biasanya dioperasikan sebagai lokomotif penarik KA penumpang di jalur utama maupun KA Barang oleh Myanmar Railways.

Berbeda dari lokomotif pengiriman pertama pada 2015, lokomotif CKD7B terbaru ini di-desain dengan sentuhan Retro atau Vintage menurut pihak CRRC Dalian. Jika pengiriman pertama menggunakan skema warna Merah-Putih-Biru pada badan lokomotif, untuk edisi Vintage ini lokomotif tersebut menggunakan kombinasi warna hijau gelap-kuning serta garis merah di bagian mukanya.

Advertisement Inline
Lokomotif CKD7B pengiriman awal
Lokomotif CKD7B pengiriman awal

Dengan pengiriman dua lokomotif ini, CRRC Dalian telah menyuplai hingga lebih dari 50 lokomotif untuk Myanmar Railways.

Berikut Spesifikasi Teknis dari Lokomotif CKD7B:

Model LokomotifCKD7B
Lebar Rel1,000 mm
TransmisiTransmisi Elektrik AC-DC
Konfigurasi gandarBo-Bo-Bo
Mesin DieselCAT3516B
Tenaga Nominal Lokomotif1360 kW / 1823 Hp
Kecepatan Maksimal100 km/jam

Cemplus Newsline by KAORI

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.