BAGIKAN
(Kevin W)

reon

Kabar gembira bagi warga Rangkasbitung. Mulai Februari 2017, PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) akan mengoperasikan layanan KRL sampai ke stasiun Rangkasbitung, Lebak, Banten.

Pada awal pengoperasian di Februari 2017, akan ada empat perjalanan KRL Commuter di mana dua perjalanan diberangkatkan dari stasiun Rangkasbitung dan dua dari stasiun Angke. Selain itu, stasiun Angke nantinya juga akan kembali melayani pemberhentian KRL.

“Pembenahan untuk mendukung beroperasinya KRL ini terus kami lakukan. Seluruh prasarana pendukung seperti gate elektronik, tangga untuk naik turun penumpang, dan loket kami targetkan pada awal tahun ini semuanya sudah rampung, sehingga nantinya siap melayani penumpang,” ujar Direktur Utama PT KCJ, M N Fadhila.

Adapun jadwal pemberangkatannya adalah sebagai berikut:

No Relasi Berangkat
1Rangkas Bitung – Angke04.50
2Angke – Rangkas Bitung08.10
3Rangkas Bitung – Angke08.25
4Angke – Rangkas Bitung15.10

Pada perjalanan awalnya, direncanakan satu set KRL dengan formasi 10 kereta akan dipergunakan. Belum diketahui rangkaian apa yang akan dipergunakan, walau kemungkinan besar akan dipergunakan KRL seri JR 205 yang saat ini sudah melayani lintas Serpong – Maja.

Saat ini sebanyak lima set kereta api lokal melayani 5.000 penumpang dari Rangkasbitung pada hari kerja dan 9.000 penumpang para hari libur. Dengan pengoperasian satu loop KRL pada Februari, nantinya hanya akan ada empat loop KA lokal dan pada pemberlakuan Gapeka 2017 bulan April seluruh perjalanannya akan digantikan dengan KRL.

KAORI Newsline | oleh Kevin W