BAGIKAN
BRT baru Trans Semarang. (Twitter @transsemarang / https://twitter.com/Transsemarang/status/819438505730244608)

Pengguna BRT (bus rapid transit) Trans Semarang boleh bergembira. Setelah menggunakan bus yang sama selama 8 tahun lebih, pada Kamis (12/1) Dishub Semarang meluncurkan bus baru di Koridor 1 jurusan Terminal Mangkang – Terminal Tenggarong.

Peluncuran bus baru ini dihadiri oleh walikota Semarang Hendrar Prihadi. Bus baru ini menggunakan mesin dan sasis Hino, sedangkan bodi bus dibuat oleh karoseri Laksana asal Ungaran dengan tipe Discovery, model yang juga digunakan oleh bus-bus BRT lain seperti di Jakarta (PPD / Transjakarta) dan Makassar (BRT Trans Mamminasata).

Sebanyak 20 bus hasil pengadaan Kementerian Perhubungan tahun 2015 ini akan memperkuat koridor 1, menggantikan bus sebelumnya yang menggunakan body Laksana tipe Proteus yang dibuat tahun 2008 dan beroperasi sejak 2009.

BRT Trans Semarang diluncurkan tahun 2009 dan saat ini telah beroperasi sebanyak empat koridor. Berbeda dengan mayoritas sistem BRT lain di luar Jakarta yang dioperasikan oleh Perum Damri, BRT Trans Semarang dioperasikan oleh BLU (Badan Layanan Umum) Trans Semarang.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.