Mirip jangkrik, itulah pendapat dari Pelaksana Tugas (PLT) Gubernur DKI Jakarta Soni Sumarsono mengenai desain kereta untuk Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta. Dengan warna hijau dan kurangnya kesan aerodinamis pada desain kereta yang lama membuat kesan seperti jangkrik menurut penilaian Sumarsono. Akhirnya, desain kereta untuk MRT Jakarta ini didesain ulang.

Dilansir dari Detik, Sumarsono menegaskan akan mengundang pabrik pembuat kereta (rolling stock) untuk MRT Jakarta, Nippon Sharyo untuk menjelaskan teknis dari desain muka kereta contoh (mock up).

Diminta untuk desain ulang, Direktur Utama PT MRT Jakarta (MRTJ) William P Sabandar mengatakan bahwa pihak MRT Jakarta akan mengupayakan perubahan desain ini. Menurutnya, di dalam kontrak terdapat proses review dan MRTJ diperbolehkan untuk mengubah hal-hal yang dinilai belum sesuai dengan keinginan. Namun, perubahan tersebut harus sesuai dengan isi kontrak dan diharapakan tidak menambah biaya serta waktu.

Perubahan desain pada rolling stock MRTJ lebih dititik beratkan pada bagian muka yakni bagian muka yang terlilhat lebih modern dengan lengkungan yang lebih halus ketimbang desain sebelumnya, serta penggantian warna kereta dari hijau menjadi perpaduan antara warna hitam dengan biru. Selain itu, letak semboyan 21 (tanda akhir rangkaian) juga dipindahkan ke bagian atas di dekat lampu utama.

Berikut ini hasil desain ulang untuk rolling stock MRTJ:

Hasil desain ulang | Dokumen PT MRT Jakarta
Hasil desain ulang | Dokumen PT MRT Jakarta

Sekilas desain baru dari kereta MRTJ ini mirip dengan rangkaian KRL terbaru dari Seibu yaitu seri 40000.

KRL seri 40000 milik Seibu

Perubahan desain ini diperkirakan akan memakan biaya sebesar ¥156,000,000 (setara dengan Rp17.8 M) dan tidak mempengaruhi jadwal produksi rolling stock.

Cemplus Newsline by KAORI | Versi artikel sebelumnya menyatakan bahwa desain rolling stock milik MRTJ mirip KRL seri 5500 milik Toei dan Tokyo Metro seri 15000. Bila dilihat, seri 40000 milik Seibu lebih mirip dengan desain terbaru MRTJ.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.