BAGIKAN
JR West Gunakan VR

reon

Kondisi geografis Jepang yang rawan bencana gempa bumi dan tsunami membuat masyarakatnya harus berlatih dan mempersiapkan diri bila terjadi bencana, termasuk juga perusahaan kereta api. Salah satu perusahaan KA di Jepang, West Japan Railway Company (JR West) gunakan Virtual Reality (VR) untuk melatih masinis dan pegawainya untuk menghadapi ancaman bencana.

Dengan bantuan perusahaan telekomunikasi KDDI Corp, JR West membuat konten video dengan sudut pandang masinis di jalur Kisei Main Line antara Kushimoto dan Shingu sepanjang 43 km. Dalam video tersebut disimulasikan keadaan dimana terjadi gempa besar dan 5 menit sesudahnya terjadi gelombang tsunami.

Pegawai JR West yang sedang mencoba menggunakan Virtual Reality | Sumber: Asahi

Dengan adanya video simulasi dalam VR yang dibuat serealistis mungkin tersebut diharapkan pegawai JR West dapat berlatih mengevakuasi penumpang ke tempat aman saat terjadi bencana. Dalam konten video tersebut juga disimulasikan bahwa keadaan penumpang panik saat terjadi gempa.

Sistem ini akan digunakan mulai akhir April 2017. Sebanyak 70 masinis JR West yang biasa bertugas di Kisei Main Line dijadwalkan akan berlatih dengan perangkat VR tersebut. Total dana yang harus digelontorkan JR West untuk membuat perangkat VR tersebut sebesar 20 Juta Yen atau sebesar 2,3 Milyar Rupiah.

Cemplus Newsline by KAORI