BAGIKAN
Bus Maxi Scania K310iB MYS-17024 milik Mayasari Bakti. (Fasubkhanali)

Mayasari Bakti, salah satu operator bus tertua di Jakarta yang masih bertahan sampai hari ini, ikut berinovasi. Pada 2016, Mayasari bergabung dengan Transjakarta dengan membeli dan mengoperasikan 56 unit bus gandeng Scania K320ia. Tahun ini, Mayasari membeli 40 buah bus bermerek Scania untuk memperkuat kehadirannya di Transjakarta.

Sebanyak 28 unit perdana dari total 40 unit bus Scania maxi ini telah mulai beroperasi di jalur Transjakarta, khususnya koridor 6 Dukuh Atas 2 – Ragunan, koridor 6A Ragunan – Monas via Kuningan, dan koridor 6B Ragunan – Monas via Semanggi.

Penomoran di body bus MYS-17012 milik Mayasari Bakti. (Fasubkhanali)

Berbeda dari bus gandeng Scania yang menggunakan kode MB di badan busnya, bus maxi ini menggunakan kode MYS, dengan formasi awal MYS-17001 sampai MYS-17028.

Interior bus maxi Scania. (Fasubkhanali)

Baca Juga: Transjakarta Persembahkan 116 Bus Baru Merek Dunia

Bus baru Mayasari Bakti ini bertipe Scania K310ib dengan konfigurasi double axle (sumbu ganda) 6×2*4. Bus single ini berukuran lebih besar dari bus single Transjakarta saat ini, terlihat dari bagian ekor bus yang lebih panjang. Bus ini diperkuat dengan mesin diesel Scania DC9 bertenaga 310HP, sementara percepatannya menggunakan transmisi otomatis ZF Ecolife, dan perakitan bodinya kembali dipercayakan ke karoseri Laksana.

Bus baru ini merupakan bagian dari pemesanan 110 bus Scania ke PT United Tractors. Sebagian bus maxi ini telah diperlihatkan pada peluncuran armada baru Transjakarta di Monas, 19 Oktober 2016.

Simak video interior bus Scania maxi ini di bawah ini:

Simak video perjalanan menggunakan bus maxi Scania di bawah ini:

Baca Juga: Transjakarta Uji Coba Rute TU Gas – Patra Kuningan

KAORI Newsline | oleh Kevin W

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.