BAGIKAN
Shinkansen Nozomi

Layanan Shinkansen Nozomi yang menghubungkan Tokyo dengan kota lainnya dengan lebih dari 200 jadwal perharinya hanya untuk lintas Tokyo – Osaka saja kini telah menginjak usia 25 tahun pada Selasa (14/3).

Layanan Shinkansen yang merupakan layanan ekspres ini terbilang sukses, hal ini bisa terlihat dari rapatnya headway kereta yang hanya dalam hitungan menit dan banyaknya penumpang di stasiun pemberhentiannya seperti Shinagawa dan Shin-Yokohama.

Shinkansen Nozomi memang diminati karena kenyamanan dan kecepatan waktu tempuhnya. Jarak antara Tokyo menuju Shin Osaka sejauh 515 km mampu ditempuh dalam waktu 2 jam 22 menit, sedangkan dari Tokyo menuju Hakata di Fukuoka yang berjarak 1069 km mampu ditempuh dalam 4 jam 46 menit. Selain karena mampu mempersingkat waktu tempuh, Shinkansen ini mampu memberi ruang untuk layanan Shinkansen lainnya yang lebih lambat.

Advertisement Inline

Shinkansen Nozomi sendiri diperkenalkan pada tahun 1992 di lintas Tokaido Shinkansen yang dioperasikan JR Central sebagai layanan ketiga yang melayani Tokyo menuju Osaka. Sebelumnya sudah ada layanan Hikari dan Kodama yang sudah beroperasi sejak era JNR pada tahun 1964 jelang Olimpiade musim panas di Tokyo. Saat dibuka pada 1992, Shinkansen Nozomi yang menggunakan kereta seri 300 mampu beroperasi dengan kecepatan maksimal 275 km/jam, atau lebih cepat 50 km/jam daripada sebelumnya sehingga bisa memangkas waktu tempuh dari 19 menit hingga 2 jam.

Saat ini layanan Shinkansen Nozomi sudah diperpanjang hingga ke Hakata di Fukuoka melalui lintas Sanyo Shinkansen sejak 1993. Sejak dioperasikannya seri 500 pada 1997, kecepatan maksimal meningkat menjadi 300 km/jam, atau yang tercepat di dunia pada masanya. Saat ini Shinkansen Nozomi sudah menggunakan kereta seri terbaru seri N700A yang menggunakan sistem pengereman terbaru, sehingga mengakomodir kecepatan hingga kecepatan 285 km/jam di jalur Tokaido.

Selamat ulang tahun yang ke-25, Shinkansen Nozomi!

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.