SHARE
Pasar Minggu
(ilustrasi) Bus Transjakarta (KAJ-292) milik operator KOPAJA | Foto: Fasubkhanali

reon

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mulai 20 Maret 2017 membuka rute baru. Rute yang diberi nomor 9D ini melayani Terminal Pasar Minggu – Tanah Abang. Rute ini merupakan rute yang bersinggungan dengan layanan Metro Mini S-640.

Direktur Utama Transjakarta Budi Kaliwono mengatakan layanan Transjakarta untuk rute Terminal Pasar Minggu – Tanah Abang sepanjang 30 km ini akan terkoneksi dengan koridor 1 (Blok M – Kota), koridor 6 (Ragunan – Dukuh Atas 2) dan koridor 9 (Pinang Ranti – Pluit). Pihak Dinas Perhubungan DKI Jakarta juga telah menyetujui beroperasinya rute ini.

Halte Sarinah di Koridor 1 dan Halte Semanggi di koridor 9 menjadi halte pemberhentian sekaligus halte transit bagi para penumpang bus rute 9D yang ingin melanjutkan perjalanan menggunakan bus Transjakarta yang lain. Selain itu, Kuningan Barat di koridor 9 juga menjadi halte transit ke koridor 9 itu sendiri maupun koridor 6 dengan berpindah menggunakan jembatan penyeberangan orang menuju Halte Kuningan Timur.

Rute bus Transjakarta untuk rute 9D (Terminal Pasar Minggu – Tanah Abang) | Sumber: @PT_TransJakarta (Ttwitter)

Untuk layanan Transjakarta rute Terminal Pasar Minggu – Tanah Abang rencananya akan dilayani 20 bus tunggal (single bus). Diperkirakan juga di rute ini baru akan melayani sekitar 5.000 penumpang setiap harinya.

Untuk perjalanan dari Terminal Pasar Minggu menuju Tanah Abang terdapat 32 titik pemberhentian. Sedangkan untuk arah sebaliknya yaitu dari Tanah Abang menuju Pasar Minggu terdapat 31 titik pemberhentian.

Budi juga menambahkan Transjakarta terus meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Karena pelanggan adalah bagian penting dari Transjakarta. Setelah Pasar dibukanya rute ini, Budi mengungkapkan Transjakarta akan terus menambah rute untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Cemplus Newsline by KAORI