BAGIKAN
Seibu Railway
KRL seri 40000 di Stasiun Seibu-Kyujo-Mae

reon

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya di sini, salah satu operator kereta api (KA) swasta di Jepang, Seibu Railway (Seibu) mengadakan sebuah acara untuk memperingati perjalanan perdana seri kereta rel listrik (KRL) terbarunya yaitu KRL seri 40000. Oleh karena itu, tim KAORI di Jepang menghadiri acara tersebut yang dihelat pada 12 Maret 2017.

Pada pagi hari di stasiun Seibu-Kyujo-Mae, sudah terlihat barisan orang-orang yang mengantri untuk membeli tiket perjalanan perdana KRL seri 40000 ini. Tim KAORI di Jepang yang ikut mengantri agar bisa mengikuti acara ini pun harus bersabar selama satu jam untuk mendapatkan tiket spesial tersebut. Bentuk tiketnya pun tidak seperti tiket KA pada umumnya, tiket spesial ini berisi 4 buah tiket memorial, informasi sekilasi pandang mengenai KRL seri 40000, serta spesifikasi teknis mengenai KRL seri 40000.

Antrian untuk masuk stasiun Seibu-Kyujo-Mae

Setelah mendapatkan tiket bukan berarti bebas dari antrian. Tim KAORI pun harus kembali diuji kesabarannya untuk mengantri masuk stasiun untuk mengikuti acara tersebut. Antrian yang memanjang harus membuat tim KAORI menunggu selama 1-2 jam.

Kesabaran pun akhirnya berbuah manis, tim KAORI pun akhirnya dapat memasuki stasiun Seibu-Kyujo-Mae dan langsung dihadapkan dengan 2 rangkaian KRL seri 40000 ini. Kedua rangkaian tersebut diparkir di jalur 2 dan 3 pada stasiun Seibu-Kyujo-Mae. Tim KAORI pun langsung menyempatkan foto-foto kedua rangkaian tersebut di atas peron stasiun. Kesempatan ini bisa dikatakan langka karena layanan S-Train dari KRL seri 40000 ini nantinya tidak akan berhenti di Seibu-Kyujo-Mae.

Puas berfoto-foto, tim KAORI pun segera melaksanakan “inspeksi” pada KRL ini. Pada sisi luar KRL ini, terdapat sejumlah Display LED dot-matrix yang terpasang pada sisi samping KRL untuk menampilkan nomor kereta serta penunjuk tujuan kereta secara bergantian. Di sebelah Display LED terdapat stiker petunjuk konfigurasi tempat duduk yang ada di dalam KRL ini.

Interior KRL seri 40000

Pada sisi interiornya, KRL ini dilengkapi dengan sejumlah Display LCD yang terletak di dalam KRL ini. Display LCD ini terletak di tiap bagian atas pintu (8 set) serta dipasang juga pada plafon kereta. Khusus kereta nomor 10, Display LCD yang terletak di atas pintu hanya terdapat 6 set. Seperti pada umumnya, Display yang berada di atas pintu ini menampilkan rute perjalanan serta informasi stasiun pemberhentian berikutnya. Sementara itu, Display yang berada di plafon digunakan sebagai media informasi serta iklan.

KRL seri 40000 ini menggunakan dua konfigurasi tempat duduk, memanjang dan menyilang/berhadapan (Long and Cross). Namun, untuk tempat duduk memanjang KRL ini tidak menggunakan bangku ala kereta komuter melainkan bangku ala konfigurasi berhadapan namun disusun memanjang sehingga hanya terdapat 6 orang yang bisa duduk pada konfigurasi tempat duduk memanjang ini.

Pada konfigurasi tempat duduk menyilang/berhadapan juga terdapat 6 tempat duduk di setiap bagiannya, 4 tempat duduk dibuat saling berhadapan dan 2 tempat duduk lainnya dibuat menghadap tempat duduk yang berhadapan. Konfigurasi ini tersedia pada kereta nomor 6 – 10. Bagi para gadget mania, atau para pengguna pengguna gawai, tidak perlu khawatir baterai habis saat menaiki KRL ini karena sudah tersedia stop kontak yang terletak di bawah jendela. Namun, sebelum mencolok harus dipastikan kembali tegangan dan frekuensi yang digunakan oleh charger gawai anda karena stop kontak ini bekerja pada tegangan 100V dengan frekuensi 60Hz dan mengalirkan arus sebesar 2A.

Bersambung ke halaman berikutnya