BAGIKAN
Pemerintah akan segera bangun Jalur KA Siantar - Danau Toba
Kereta Penumpang di Divre 1 Sumatera Utara (KAORI Nusantara / Riky R. Soeripno)

Jalur kereta api (KA) yang akan menghubungkan Siantar dengan Danau Toba akan dibangun pada tahun 2018 mendatang. Hal ini ditegaskan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Republik Indonesia (RI) Budi Karya Sumadi pada Kamis (6/4).

Dilansir dari BeritaTRANS, Menhub Budi mengatakan bahwa proyek pembangunan jalur KA Siantar – Danau Toba ini akan dibangun pada 2018 mendatang dan direncanakan akan selesai pada tahun 2019. Menurutnya, jalur KA Siantar – Danau Toba ini merupakan kebutuhan masyarakat sekitar.

Menhub Budi mengatakan akan mengatifkan kembali jalur KA Yogyakarta - Magelang
Menhub Budi Karya Sumadi | Sumber: Kereta Api Kita

Jalur KA baru ini dinilai sangat potensial sebagai daya tarik wisata. Jalur ini diperkirakan tidak hanya akan mengangkut penumpang lokal, tapi juga akan menarik wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri karena Danau Toba sendiri merupakan salah satu lokasi wisata yang terkenal hingga mancanegera.

Advertisement Inline

Proyek ini diharapkan benar-benar diselesaikan tepat pada waktunya tidak seperti proyek-proyek Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DitjenKA) sebelumnya yang dibangun di Divisi Regional  (Divre) 1 Sumatera Utara (SU). Contohnya, reaktivasi Binjai – Besitang yang direncanakan setidaknya akan beroperasi sebagian sampai dengan stasiun Stabat pada akhir desember 2015, namun hingga tahun 2017 ini belum dapat terealisasi dan terkesan mangkrak.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.