BAGIKAN
TJ-401 di halte Harmoni Central Busway, melayani koridor 8A Juanda - Grogol 2. (KAORI Nusantara / Kevin W)

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) bersama dengan PT Steady Safe telah menggelar kerja sama dalam operasional Bus Rapid Transit (BRT). Kerja sama tersebut berupa perjanjian bahwa PT Steady Safe akan menjadi operator di bus BRT Transjakarta. Tak main-main, PT Steady Safe akan menyiapkan 128 unit bus ukuran 13,5 meter (Maxi bus) dengan konfigurasi dua gandar belakang (double axle).

Bus tersebut merupakan bus bermerk Volvo. Sasis bus yang digunakan adalah Volvo B11R-370 6×2. Bus Volvo ini akan disuplai dan mendapat jaminan perawatan dari PT Indotruck Utama. Anak usaha Indomobil Group itu yang bertindak sebagai importir serta distributor untuk bus bermerk Volvo.

Baca Juga : Bus Merk Volvo Akan Ikut Ramaikan Lintas Transjakarta

Untuk pembuatan badan bus dalam bentuk eksterior dan interior, Laksana yang merupakan karoseri lokal sekaligus ‘langganan’ PT Transjakarta menjadi karoseri yang membuat badan bus Volvo ini. Karoseri yang bermarkas di Ungaran, Jawa Tengah tersebut memang telah banyak mengerjakan badan bus untuk PT Transjakarta dengan berbagai model seperti CityLine, CityLine2 dan Discovery.

View this post on Instagram

@pt_transjakarta VOLVO B11R CITYLINER 2

A post shared by Laksana Karoseri (@laksana_bus) on

Setelah cukup lama dilakukan pembuatan badan bus, karoseri Laksana secara resmi mempublikasikan wujud bus Volvo yang akan beroperasi untuk sistem BRT Transjakarta. Wujud bus tersebut dipublikasikan melalui media sosial resminya di Instagram @Laksana_Karorseri. Terlihat model yang digunakan adalah model CityLine2 yang kini sedang trennya digunakan pada bus Transjakarta.

Direktur Utama PT Transportasi Jakarta Budi Kaliwono mengatakan jumlah bus bermerk Volvo yang akan dioperasikan adalah 128 unit. Poin ini merupakan kesepakatan antara Transjakarta dengan Steady Safe. “Diharapkan seluruh unit tersebut dapat terealisasi secara bertahap di kuartal terakhir 2017 ini,” ujarnya di Jakarta, Jumat (31/3).

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.