K3 “Premium” Masih Proses Uji, Tiket KA Tambahan Lebaran Belum Dijual

0
KLB Ujicoba K3
KLB Ujicoba K3 "Premium" Rangkaian ketiga berangkat Stasiun Lempuyangan (Facebook/Ragil Setiawan)

PT Kereta Api Indonesia (KAI) melalui Penyelenggaraan Modal Negara (PMN) telah memesan rangkaian kereta ekonomi terbaru kepada PT Industri Kereta Api (INKA). Hal ini sebagai salah satu bentuk upaya KAI memberikan kenyamanan dan pelayanan maksimal pada penumpang jasanya dengan memperbaharui sarana kereta yang ada, terutama untuk pengguna jasa kereta api (KA) saat arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah.

Namun, tiket KA Tambahan Lebaran yang menggunakan rangkaian kereta ekonomi terbaru (K3 Premium) buatan INKA akan mengalami penundaan penjualan tiket. Hal ini disebabkan karena ada beberapa rangkaian KAI yang masih belum siap.

Menurut keterangan salah satu narasumber kepada Cemplus Newsline, ada 6 rangkaian kereta ekonomi “K3 Premium” yang diproyeksikan akan menjadi KA tambahan pada masa mudik lebaran tahun ini. Stamformasinya, 1 rangkaian K3 Premium ini terdiri dari 10 kereta penumpang bertempat duduk (K3) dan 1 kereta restorasi kelas ekonomi dengan mesin pembangkit listrik (MP3). Namun, dari keenam rangkaian tersebut, INKA baru menyerahkan 2 rangkaian yang siap digunakan. Untuk rangkaian lain masih menjalani tahap uji sampai dengan berita ini diturunkan.

Dirut KAI Edi Sukmoro, melalui sambungan video conference saat melakukan rapat koordinasi bersama persiapan angkutan lebaran 2017 di ruang Command Center, Gedung Karya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Jumat (26/7) menyatakan bahwa tiket KA tambahan lebaran yang menggunakan rangkaian Premium akan segera dipublikasikan jika seluruh rangkaian selesai diuji dan diserahkan pada KAI.

“Tambahan kereta 6 trainset (rangkaian) kami akan segera dijual manakala pelaksanaannya sudah siap. Jangan sampai sudah jual , dari 6 (rangkaian) ada (yang) gagal (pengujian nya). Kalau sudah terkirim, kita akan jual (tiketnya),” Ujar Edi Sukmoro ketika menjelaskan mengenai KA tambahan angkutan lebaran 2017.

Ditambahkan Edi, tiket KA tambahan angkutan lebaran akan sangat ditunggu-tunggu pengguna jasa KA. Ini dapat dibuktikan dari ketersediaan tiket KA pada arus mudik kali ini yang sudah habis hingga H-4.

“Data sampai H-4 sudah habis, bahkan sekarang sudah H-9 terjual sudah cukup banyak yang hampir habis, dan ini memang kita buka seluruhnya untuk pemesanan melalui online” jelas Edi melalui video conference.

Melalui kabar yang beredar, ada 3 KA Tambahan dan 1 Kereta Luar Biasa yang digadang-gadang menggunakan K3 Premium, Yaitu:

  1. KA Bogowonto Lebaran (Relasi Pasar Senen- Lempuyangan)
  2. KA Gaya Baru Malam Selatan Lebaran (Relasi Pasar Senen-Surabaya Gubeng via Jalur Selatan)
  3. KA Tawang Jaya Lebaran (Relasi Pasar Senen-Semarang Poncol)
  4. Kereta api Luar Biasa (KLB) Madiun Tambahan (ManTab) (Relasi Pasar Senen-Madiun)

Hingga berita ini diterbitkan, belum ada kabar resmi mengenai KA apa yang akan menggunakan rangkaian K3 premium ini. Silahkan kunjungi laman e-ticketing KAI dan laman resmi KAI untuk info terbaru.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.