BAGIKAN
©2017 Tokyo Neighbors

Permasalahan akan kehadiran orang – orang dengan perbedaan orientasi seks sesama jenis (biasa disebut LGBT) masih menjadi permasalahan yang tabu di Jepang. Perlakuan diskriminatif dan intimidasi menjadi bagian dari kehidupan mereka. Namun hal tersebut tidak menjadi alasan untuk tetap hadir secara normal dalam lika – liku kehidupan. Adapun begitu beberapa kota besar di Jepang, telah menerima dan mengakui kehadiran kaum LGBT di tengah lingkungan mereka. Seperti Osaka, Shibuya, Setagaya, dan Naha yang telah melegalkan pernikahan antar sesama jenis.

Walaupun begitu, beberapa aktivis pro LGBT di Jepang tetap terus berupaya untuk memberikan pandangan yang benar pada masyarakat, serta menghilangkan stigma negatif yang biasanya diterima oleh sesama kaum LGBT. Melalui beberapa kampanye dan publikasi majalah, yang mereka sebarkan untuk mengedukasi pentingnya memahami keberagaman dalam berorientasi seks. Salah satunya melalui media serial film pendek berjudul Tokyo Neighbors yang akan menyajikan dalam 12 episode yang tayang ekslusif hanya di kanal Youtube resmi milik Onabys Pictures.

Serial film pendek, yang produksinya berpusat di sebuah bar Tokyo di distrik Shinjku mengambarkan perbedaan karakter yang mencolok dari masing – masing tokoh. Terlihat saat mereka berdiskusi secara matang antar sesama lelaki dengan berbagai topik seputar cinta, perkawinan dan permasalahan antar sesama kaum LGBT yang berbeda dari yang ditampilkan oleh acara TV mainstream.
Hubungan antar sesama karakter yang kuat dan tidak berlebihan layaknya beberapa adegan yaoi, menghadirkan hubungan yang chessy tanpa menghilangkan kerekatan hubungan antar sesama karakter. Pengambilan sudut pandang pencahayaan, storyboard maupun dalam  memasukkan latar belakang musik yang sederhana dapat meningkatkan sisi realitas yang terkandung dalam serial film pendek ini.
Episode perdana Tokyo Neighbors telah tayang pada akhir Mei lalu, dan akan hadir dengan episode terbaru setiap hari Senin dan kamis. Pembuatan produksi film dokumenter ini ditangani oleh Onabys Pictures yang bertanggung jawab dalam produksinya.
KAORI Newsline | Ditulis Oleh: R Ikhsan Nur Akbar

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.