Mari Merayakan Tanabata Bersama Jakarta Communication Club

0
Seorang warga jepang yang sedang memasang kertas tanzaku

Setiap 7 Juli, Jepang merayakan festival festival tanabata atau yang juga dikenal dengan nama tanabata matsuri. Dalam setiap perayaannya, orang Jepang punya kebiasaan menulis keinginan mereka di sebuah kertas tanzaku (kertas berwarna – warni), kemudian menggantungkannya di batang pohon bambu yang disebut sasa. Tanabata juga dikenal sebagai momen perayaan bertemunya Orihime dan Hikoboshi, yang hanya terjadi setahun sekali pada hari ke-7 bulan ke-7. Festival Tanabata sangat terkenal di Jepang dan menjadi daya tarik tersendiri bagi turis asing yang berkunjung ke Jepang.

Dikarenakan kepopulerannya tersebut, Jakarta Communication Club berencana mengadakan perayaan tanabata di Jakarta. Perayaannya akan dilaksanakan di Enjuku House, Jl. Wijaya Timur Raya No. 103 Petogogan, Jakarta Selatan. Akan ada banyak kegiatan menarik seperti memukul semangka, menyantap nagashi-somen (mie yang mengalir bersama air di batang bambu), demo pemakaian baju tradisional yukata, dan berbagai macam games menarik lainnya. Selain itu, juga akan ada penampilan spesial dari Teater Enjuku yang akan menghibur para pengunjung. Disediakan juga berbagai macam makanan Jepang yang disajikan untuk para pengunjung pesta tanabata ini.

Legenda Tanabata mengisahkan bintang Vega yang merupakan bintang tercerah dalam rasi bintang Lyra sebagai Orihime (Shokujo), putri Raja Langit yang pandai menenun. Bintang Altair yang berada di rasi bintang Aquila dikisahkan sebagai sebagai penggembala sapi bernama Hikoboshi (Kengyū). Hikoboshi rajin bekerja sehingga diizinkan Raja Langit untuk menikahi Orihime. Suami istri Hikoboshi dan Orihime hidup bahagia, tetapi Orihime tidak lagi menenun dan Hikoboshi tidak lagi menggembala. Raja Langit sangat marah dan keduanya dipaksa berpisah. Orihime dan Hikoboshi tinggal dipisahkan sungai Amanogawa (galaksi Bima Sakti) dan hanya diizinkan bertemu setahun sekali di malam hari ke-7 bulan ke-7.

Jakarta Communication Club adalah sebuah lembaga bahasa dan budaya antara Jepang dan Indonesia. Setiap tahunnya Jakarta Communication Club melakukan berbagai macam kegiatan yang menarik. Sedangkan Theater Enjuku adalah teater musikal berbahasa Jepang yang beranggotakan mahasiswa/i Indonesia. Enjuku setiap tahun mengadakan pementasan utama di Indonesia dan Jepang. Tahun 2016 lalu Enjuku telaha mengadakan pementasan ke-8 mereka berjudul Tono-sama no utage di Gedung Kesenian Jakarta dan pada awal tahun 2017 juga telah mengadakan pementasan The legend of Lotus di Tokyo dan Ohime, Jepang.

KAORI Newsline | oleh Ahmad Faisal

Tinggalkan komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.