Intip Serunya Lomba Musikal Jepang!

0

Seperti yang sudah diberikan sebelumnya, Teater Enjuku  bekerjasama dengan Kedutaan Besar Jepang di Indonesia mengadakan Lomba Theater Musikal Jepang, pada hari Minggu 6 Agustus 2017.  Acara perlombaan pementasan drama yang bertema ‘Lomba Theater Musikal Jepang‘ tersebut diikuti oleh sekitar 7 Tim dan berlangsung dengan meriah disertai penampilan Southern Cross Japanese Choir dan Enjuku yang menghibur para pengunjung yang menghadiri acara yang berlokasi di Usmar Ismail Hall, Kuningan, Jakarta.

Sejak sebelum acara dimulai, pintu masuk Usmar Ismail Hall telah dipenuhi oleh banyak para penonton, terutama dari para teman ataupun penggemar yang ingin menonton tim favorit mereka tampil dalam perlombaaan theater musikal tersebut. Selang beberapa waktu setelah open gate pada pukul 01:00 WIB lebih dari setengah bagian dalam hall sudah dipenuhi oleh para pengunjung yang sudah tidak sabar untuk menanti pertunjukan teater dari para perserta lomba.

Para peserta lomba menampilkan berbagai macam cerita yang menarik dan menghibur dalam para pengunjung. Mulai dari cerita seorang yang mendapatkan kesempatan untuk pertukaran pelajar ke Jepang, seorang Samurai jahat yang ingin merebut kekuasaan kerajaan Jepang sampai kisah pertemuan antara Momotaro dan Samson yang  membuat para penonton membuka sudut pandang baru terhadap hubungan Jepang dan Indonesia. Seluruh cerita yang menarik tersebut tidak lebih dari tema yang pilih untuk perlombaan ini, yaitu : ‘ Jepangku, Jepangmu, Jepang kita! ‘.

Advertisement Inline

Setelah pementasan dari setiap team ditunjukan, para pengunjung langsung dihibur dengan penampilan dari Teater Enjuku yang menyanyikan lagu ‘ Sakura Yo ’ sebuah lagu yang diciptakan sebagai bentuk dukungan Indonesia kepada masyarakat jepang yang menghadapi musibah Tsunami yang menimpa jepang 2011 Lalu, dilanjutkan dengan menarik Dancing Indonesia bersama. Sebuah tarian yang diciptaan oleh Teater Enjuku untuk memperkenalkan Indonesia kemasyarakat Jepang.

Theater mahasiswa Enjuku menampilkan Dancing Indonesia.
Theater mahasiswa Enjuku menampilkan Dancing Indonesia.

Selesai penampilan tersebut, para pengunjung diberikan waktu Break yang singkat. Lalu, mereka kembali dihibur dengan penampilan dari Southern Cross Japanese Choir, sebuah grup paduan suara yang berisikan orang Jepang. Mereka menyanyikan 3 lagu dengan setlist sebagai berikut :

– Indonesia Pusaka yang diciptakan oleh Ismail Marzuki.

– Tegami yang diciptakan oleh Aki Angela.

– Tsubasa Wo Kudasai yang diciptakan oleh  grup folk, Akaitori.

Penampilan dari Southern Cross Japanese Choir
Penampilan dari Southern Cross Japanese Choir

Selanjutnya, Theater Enjuku kembali masuk keatas panggung dan berkolaborasi bersama menyanyikan lagu Furusato yang dipopulerkan oleh grup Arashi.

Mendekati akhir acara, akhirnya para pengisi acara mulai mengumumkan para juara dari lomba musikal jepang pada tahun ini termasuk Juara Peserta Terbaik yang mendapatkan tiket gratis pulang pergi ke jepang bersama JAL. berikut para juara yang diumumkan:

Juara Musik Terbaik : Teater Doya Doya dari UIN

Juara Properti Terbaik : Madya Theater dari SMA Rimba Madya Bogor

Juara 1: Madya Theater

Juara 2: Nihon no Gakka ( NGK ) dari UNJ

Juara 3: Yumeko dari Sukabumi.

Juara Peserta Terbaik: Nonon Sholehudin dari Yumeko.

Foto para juara lomba musikal jepang

KAORI Newsline | Oleh Ahmad Faisal

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.