BAGIKAN

reon

Semakin tinggi pohon, semakin kuat pula terpaan angin. Sepertinya ungkapan tersebut cocok kepada seseorang yang sedang menuju tingat popularitas yang semakin menaik. Tak sedikit pula banyak yang menyindir keberhasilan seseorang ketika sedang menuju popularitas yang semakin tinggi. Begitu juga seperti Makoto Shinkai dengan film Your Name-nya yang hadir pada 2016 lalu.

Dilansir dari Otakomu, sebuah akun Youtube dengan nama Ms Rachel membandingkan beberapa adegan dari film Your Name dan Niji-Iro Hotaru. Terlihat, beberapa adegan yang sangat menyerupai dari kedua film tersebut. Seperti adegan Mitsuha berlari menuruni jalan sampai melewati hutan yang sangat lebat. Seperti diketahui, film Niji-Iro Hotaru dirilis pada tahun 2012, sedangkan Your Name dirilis pada tahun 2016, Tidak hanya itu, adegan Mitsuha terpeleset dari jalan turunan yang terjal menyerupai kejadian yang sama pada film The Girl Who Leapt Through Time’s yang rilis pada tahun 2006 yang lalu.

Konosuke Uda, selaku sutradara film Rainbow Fireflies, dalam akun Twitter pribadinya menyatakan tidak keberatan terhadap isu tersebut, bahkan tidak memungkiri adanya beberapa adegan serupa yang terjadi dari satu anime dengan anime lainnya yang dikarenakan adegan tersebut mungkin saja terinspirasi dari karya orang lain. Meskipun begitu, gaya dan ciri khas pengambaran menjadi hal yang melekat dari seorang illustrator terkenal seperti Makoto Shinkai, bahkan seorang Hayao Miyazaki sekalipun.

Niji-Iro Hotaru (© 2012 Toei Animation)

Walaupun begitu, kesuksesan film Your Name membuat film ini menjadi film ke-4 terlaris sepanjang masa di Jepang dan berhasil menerima pemasukan sebesar 24.94 miliar yen (sekitar US$ 226 juta atau 2,9 triliun rupiah), serta mengantarkannya untuk menerima penghargaan dari majalah Nikkei Entertaiment dan beberapa penghargaan lainnya pada tahun lalu.

KAORI Newsline