Steel Box Grider yang menimpa rumah warga, dan proyek LRT di sebelah nya.
Steel Box Grider yang menimpa rumah warga, dan proyek LRT di sebelah nya.

Insiden buruk kembali menimpa jagad perkeretaapian Indonesia. Namun, kali ini kejadian itu terjadi di proyek pembangunan Light Rapid Transit (LRT) di Palembang, Sumatera Selatan.

Pada Selasa 1 Agustus 2017 dinihari, sebuah Steel Box Grider jatuh menimpa beberapa ruko dan rumah di Jln. Gubernur H. Bastari, Jakabaring, Palembang. Steel Box Grider tersebut terjatuh dan menimpa rumah warga saat diangkat menggunakan 2 derek, dimana salah satu derek tiba-tiba kehilangan keseimbangan akibat amblasnya tanah tempat menapak crane tersebut. Akibatnya, lengan derek (boom) tersebut tiba-tiba patah dan menyebabkan Box Grider tersebut jatuh. Box Ginder yang menimpa rumah dan ruko tersebut rencananya akan digunakan dalam pemasangan beton precast yang digunakan sebagai jalur layang untuk LRT, di mana ruko dan rumah yang tertimpa berada persis di bawahnya.

Salah satu derek yang terguling akibat tanah pijakan nya amblas

Akibat kejadian ini, 3 orang mengalami luka-luka dan lainnya selamat. Polresta Palembang bergerak cepat dengan menutup TKP dan memeriksa beberapa saksi dan korban, termasuk operator derek.

Advertisement Inline

Untuk mencegah kejadian serupa terjadi kembali, Gubernur provinsi Sumatera Selatan, Alex Nurdin, meminta pemerintah kota Palembang untuk mengosongkan areal pembangunan LRT, demi menjaga sterilisasi di lokasi proyek pembangunan.

“Meskipun sudah dialasi pelat baja, masih saja amblas. Makanya (Lokasi) harus steril dulu,” Ujar Alex Nurdin saat meninjau lokasi kejadian.

Akibat kejadian ini, pengerjaan jalur layang LRT seksi 5 mengalami hambatan. Pembangunan sempat ditunda sampai seluruh bagian Box Grader dan derek sudah berhasil dievakuasi.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.