BAGIKAN
HT-One tampil memukau penonton

HIMAJA FIB UI tahun ini kembali menyelenggarakan acara tahunan yang selalu ditunggu penggemar budaya Jepang di Indonesia, khususnya di daerah Jabodetabek. Gelar Jepang Universitas Indonesia 23 (GJUI 23), mengusung tema ‘Harmony’ dengan tagline “Japan in Harmony”. Acara ini diselenggarakan selama tiga hari, yaitu dari 4 Agustus 2017 sampai 6 Agustus 2017. Acara pada hari Jumat dan Sabtu (4-5 Agustus) digelar di Pusat Studi Jepang UI, Depok, sedangkan acara puncaknya diselenggarakan di Boulevard UI, Depok, pada hari Minggu (6 Agustus).

Bertempat di ruangan auditorium pada tanggal 5 Agustus 2017, ada dua perlombaan yang diselengarakan yaitu “Nihon Trivia Quiz” dan lomba dance cover. Nihon Trivia Quiz pertama kali dilombakan dalam GJUI yang dihadiri oleh grup peserta dari perwakilan kampus-kampus di sekitar Jabodetabek. Acara ini dimulai pada pukul 10.45 WIB dan dilanjutkan lomba dance cover pada pukul 13.00 WIB.

Nihon Trivia Quiz

Nihon Trivia Quiz merupakan lomba dengan format cerdas cermat. Mungkin anime Nana Maru San Batsu (7O3X) yang telah tayang pada musim panas 2017 menjadi inspirasi bagi panitia GJUI 23 untuk mengadakan lomba kuis yang yang menghadirkan berbagai soal seputar Jepang ini. Materi yang dijadikan soal kuis meliputi budaya pop tradisional, linguistik, bahasa jepang/nihongo, dan kemasyarakatan. Adapun lomba ini diikuti oleh 5 grup peserta perwakilan kampus sekitaran Jabodetabek, diantaranya dari Sekolah Tinggi Bahasa Asing LIA, Uhamka, UAI, Unpak dan UNJ. Meskipun pihak dari panitia telah mengirim undangan lomba kepada kampus sekitaran Jabodetabek, hanya 5 kampus tersebut yang bersedia hadir menjadi peserta dalam lomba Nihon Trivia Quiz dalam GJUI 23.

Advertisement Inline

Mekanisme dari lomba Nihon Trivia Quiz adalah sistem gugur dan 5 soal wajib yang diberikan ke masing-masing peserta dan soal rebutan yang berjumlah 10. Saat pertandingan berlangsung para pendukung dari masing-masing peserta melontarkan kata-kata penyemangat terlebih makin riuh ketika tim yang dijagokannya berhasil memperoleh poin.

Sesi soal rebutan

Di penghujung acara Nihon Trivia Quiz, UAI keluar sebagai juara pertama dan Unpak sebagai juara kedua. Masing masing tim pemenang mendapat hadiah berupa uang tunai, sertifikat dan tiket masuk gratis untuk GJUI hari ketiga (day 3). Acara usai jam 12.30 dan para penonton maupun peserta dipersilahkan untuk keluar terlebih dahulu karena ruangan akan disterilkan dan akan dipersiapkan untuk lomba dance cover.

Ashilla, sebagai penanggung jawab dari lomba Nihon Trivia Quiz menyatakan bahwa merupakan lomba dengan tema pendidikan ini merupakan yang pertama kali diadakan oleh pihak panitia GJUI. Berhubung pertama kali diadakannya lomba ini, pihaknya mengalami sedikit kendala dalam kurangnya komunikasi dalam kepengurusan acara, namun acara masih dapat berjalan dengan lancar dan mereka juga akan mengadakan lomba bertemakan pendidikan lainnya seperti kaligrafi serta Otaku Quiz yang bersifat lebih umum.

Lomba Dance Cover

Menjelang dimulainya lomba dance cover, para penonton sudah bersiap mengantri. Jumlah penonton lomba dance cover yang di antaranya adalah wota (fans grup idola) lebih banyak ketimbang penonton dari lomba Nihon Trivia Quiz. Sebelum para peserta dance cover tampil, pembawa acara mengumumkan para juri dan pesertanya. lomba dance cover dalam GJUI 23 mendapuk 3 juri yang diantaranya ialah Ega yang sudah berpengalaman dalam dunia idol, Deni Qybo yang memprakarsai DDM Monolite, dan Naya, cosplayer sekaligus anggota dari grup idola Star Sugar yang sudah banyak tampil di event besar seperti Shibuya Street dan Jakarta Idol Festival.

HT-One tampil memukau penonton

Sebelumnya para grup peserta finalis lomba dance cover GJUI 23 telah melewati tahap seleksi sebelumnya dimana para peserta diharuskan mengunggah video dari performa mereka hingga ada 8 grup peserta yang berkesempatan tampil pada GJUI hari kedua ini yang diantaranya adalah (diurutkan berdasarkan giliran tampil):

  1. Jeanne d’Arc
    2. ZARASHI!
    3. HT-One
    4. FIBeats
    5. Ha:nazono
    6. Kuro Ba Shiro
    7. CheerUp
    8. Rozen

Suasana mulai pecah ketika para wota maupun pendukung yang juga membawa atribut anime idol seperti Love Live! meneriakan chant ketika ZARASHI! membawakan lagu berjudul Fukyouwaon milik grup Keyakizaka 46 sambil memainkan lightstick yang menjadi alat wajib di acara peridolan. Masing-masing peserta berkesempatan tampil dengan batas waktu 7 menit dan setiap tim mendengarkan komentar para juri setelahnya. Selain penilaian dari aspek kekompakkan, konsep, dan ketepatan, Deni Qybo menghimbau agar menjaga tempo terutama jika lagunya bersifat enerjik agar setiap gerakannya tampil dengan prima.

Setelah semua peserta tampil, pembawa acara menyerahkan plakat kepada ketiga juri dan mereka mengumumkan pemenangnya keesokan hari dalam GJUI 23 hari ke-3.

Inilah pemenang dari lomba dance cover GJUI 23:

Juara 1 : FIBeats
Juara 2 : HT-One
Juara 3 : Kuro Ba Shiro

Memperoleh juara pertama, FIBeats tampil pada hari terakhir GJUI 23

Para pemenang tersebut mendapat hadiah berupa uang tunai dan sertifikat serta berkesempatan tampil pada hari ketiga yang merupakan acara puncak dari perhelatan Gelar Jepang Universitas Indonesia.

Galeri foto lomba Dance Cover serta Nihon Trivia Quiz dapat dilihat di bawah ini.

KAORI Newsline | Foto dan Teks: Karim Ibrahim

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.