BAGIKAN

reon

Perhelatan acara anime tahunan paling akbar se-Indonesia, C3 AFA JKT, C3 Anime Festival Asia Jakarta (dulu bernama Anime Festival Asia Indonesia – AFAID) baru saja selesai pada hari Minggu, 20 Agustus 2017. Acara yang berlangsung mulai hari Jumat 18 Agustus 2017 kembali hadir untuk memenuhi kebutuhan para anime eventgoers. Seperti pada tahun sebelumnya, C3 AFA tahun ini kembali diselenggarakan di arena JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

Satu hal lagi yang berbeda, AFAID telah berganti nama menjadi C3 AFA setelah Sotsu bergabung dalam organizing committee-nya. Dengan bergabungnya Sotsu, C3 AFA JKT akan menghantarkan pengalaman acara yang lebih seru dan lebih menyenangkan.

Pada hari pertama, seluruh booth sudah berdiri dan siap memberikan pengalaman seru dan menyenangkan kepada para pengunjungnya. Mulai dari showcase anime terbaru, penjualan merchandise edisi terbatas, mencoba mainan-mainan terbaru di booth Sony dan Blibli, makanan lezat untuk mengisi perut eventgoers hingga seksi Creators Hub dimana para artis dari berbagai kelompok lingkar kreatif (circle) bisa memajang dan menjual hasil karyanya.

Tetapi highlight di hari pertama ini adalah act penutup di panggung AKIBA Stage by Canon yang bertajuk “AniBeats: Local Heroes.”

Anibeats: Local Heroes adalah segmen terakhir Akiba Stage dari Hari ke-1 C3 AFA JKT. Di segmen tersebut, Akiba Stage menghadirkan bakat bakat lokal untuk menutup hari pertamanya. Barisan artis yang mengisi panggung tersebut adalah Angelyn, Usagi, Yumi, Soba dan Redshift.

Angelyn adalah MC sekaligus penyanyi yang sudah lama berkecimpung di dunia tarik suara anime Indonesia. Pernah debut bersama Horipro Japan, dia pernah tampil solo di konser “I Love Anisong” di AFA ID 2013. Tahun ini Angelyn akan merilis single dan video musik pertamanya. Selain menjadi MC di AKIBA Stage pada hari Jumat, dia juga menyanyikan beberapa lagu di panggung.

Usagi adalah penyanyi asal Singapura. Dia adalah pemenang Grand Prix Asia Anisong-Singer Auditon di AFA Singapore 2014. Usagi yang mengaku ngefans dengan Nana Mizuki ikut memeriahkan panggung AKIBA Stage C3 AFA Jakarta.

YUMI, atau Intan Kusuma Dewi adalah penyanyi baru di industri musik jepang. Penyanyi yang digadang-gadang sebagai LiSA asal Indonesia ini baru saja menelurkan 3 single dan telah melakukan konser tur ke Jepang di tahun 2014 silam. Di Akiba Stage, YUMI menghibur para pengunjung yang sedang khidmat di depan panggung. Dengan karakter vokalnya yang kuat dan karena YUMI adalah fans LiSA, ia dijuluki sebagai “LiSA asal Indonesia.”

Setelah aksi dari YUMI selesai. Akiba Stage diisi oleh SOBA. SOBA adalah wajah baru di dunia DJ Anisong sekaligus founder dari acara DJ Anisong Otagroove. SOBA adalah DJ pertama dari tiga DJ yang mengguncangkan panggung ANIBEATS di AKIBA Stage.

Setelah SOBA, giliran Lazurite yang memeriahkan panggung Akiba Stage. Sama seperti SOBA, Lazurite adalah wajah baru dunia anisong DJ Indonesia. Sang DJ yang mendapatkan kekuatan hidup dari Kafuu Chino dari serial Gochuumon wa Usagi desu ka? mengaku terinspirasi setelah menonton streaming Mogra untuk menjadi DJ. Dengan core set anisong, Lazurite sukses membuat penonton panggung Akiba Stage terasa “kokoro pyon pyon” pada sore itu.

Akiba Stage akan ditutup dengan penampilan dari duo DJ anisong kenamaan Indonesia, Redshift. Duo yang berawal dari produser music Vocaloid ini telah menjadi suguhan standar acara anime indonesia. Mereka juga pernah bermain sebagai headliner di festival musik anime di Jepang.

Satu kesamaan dari ketiga DJ ini adalah mereka semua memainkan lagu pembuka anime hit Kemono Friends “Youkoso Japari Park e” di dalam set mereka. Maka, panggung Akiba Stage terguncang oleh para Friends (sebutan fans Kemono Friends) yang antusias sebanyak 3 kali.

Sebagai penutup hari, salah satu staf kami kemudian melakukan gacha di salah satu booth di eksebisi C3 AFA yang ditulis di artikel ini.

KAORI Newsline | Teks dan Foto oleh Naufalbepe