BAGIKAN
Gerai Pikattoanime yang memajang hadiah utama gachanya

Perhelatan acara anime tahunan paling akbar se-Indonesia, C3 AFA JKT, C3 Anime Festival Asia Jakarta (dulu bernama Anime Festival Asia Indonesia – AFAID) baru saja selesai pada hari Minggu, 20 Agustus 2017. Acara yang berlangsung mulai hari Jumat 18 Agustus 2017 kembali hadir untuk memenuhi kebutuhan para anime eventgoers. Seperti pada tahun sebelumnya, C3 AFA tahun ini kembali diselenggarakan di arena JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

Baca juga: Day 1 C3 AFA JKT 2017: Saatnya Pahlawan Lokal Bersinar!

Satu hal lagi yang berbeda, AFAID telah berganti nama menjadi C3 AFA setelah Sotsu bergabung dalam organizing committee-nya. Dengan bergabungnya Sotsu, C3 AFA JKT akan menghantarkan pengalaman acara yang lebih seru dan lebih menyenangkan.

Advertisement Inline

Yang menarik, dalam perhelatan ini ada beberapa gerai (baik di Creators Hub atau di lantai eksibisi itu sendiri) yang menjual merchandisenya dengan cara menarik: dengan menukarkan uang sejumlah (rata-rata) seratus ribu rupiah agar berkesempatan untuk menarik undian (gacha).

Tidak hanya yang berjualan, ada yang mempromosikan gerainya dengan cara mendapat kesempatan untuk gacha setelah mengisi angket atau mendaftar ke layanan yang mereka tawarkan. Gerai yang menjual (atau menghadiahkan) gacha memiliki variasi yang menarik. Dari yang pernik-pernik kecil seperti gantungan kunci atau pin hingga hadiah besar seperti figur atau tapestry.

Gerai Pikattoanime yang memajang hadiah utama gachanya

Salah satunya adalah sebuah gerai yang memajang berbagai ilustrasi dengan label Pikattoanime. Hadiah yang ditawarkan mulai dari seri Angel Beats, Little Busters, Touhou Project dan Fate/Extra. Ternyata di gerai tersebut ada sebuah prosesi gacha untuk mendapatkan merchandisenya.

Hadiah utamanya adalah Ilustrasi A2 yang dibalut dengan Foam dari Illustrator ternama Jepang. Penulis cukup tertarik pada ilustrasi Flandre Scarlet dari seri Touhou Project yang digambar oleh Riityu. Alasan utama kenapa memilih gacha Touhou Project adalah karena penulis berpendapat bahwa seri tersebut tidak terlalu terkenal di Indonesia sehingga merchandisenya sulit dicari.

Harga sekali putarnya adalah seratus ribu rupiah. Penulispun berkeputusan untuk melakukan dua kali tarikan, yang berarti harus merogoh kocek sebesar dua ratus ribu rupiah. Tarikan pertama mengeluarkan bola pink alias hadiah kelas rendah. Hadiah pink tersebut adalah paket Kuuji bergambar Marisa Kirisame dan Koishi Komeji, sebuah pin dan lima buah ilustrasi Touhou project berukuran kartu pos.

Putaran kedua, setelah diputar-putar, keluarlah bola merah, yang membuat sang penjaga gerai bersorak sambil membunyikan loncengnya. Ternyata bola merah tersebut berhadiah sebuah ilustrasi A2 si tokoh utama dari seri Touhou Project, Reimu Hakurei, yang merupakan hadiah utama. Dalam bahasa gacha game, penulis seperti mendapat SSR yang sesungguhnya tidaklah dihadapkan namun sama-sama berguna di dalam gamenya.

Penulis sedang kegirangan dengan rejekinya

Untuk menikmati secara maksimal momen tarik gachanya, staf kami merekam video prosesi gacha yang dapat ditonton melalui kanal YouTube KAORI Nusantara:

Selamat bertemu di event selanjutnya!

KAORI Newsline | Teks dan Foto oleh Naufalbepe

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.