Kabar transfer kereta rel listrik (KRL) di lingkup East Japan Railway Company (JR East) kembali bergulir. Setelah KRL seri E233-0 jalur Chuo pindah ke Nambu dan juga KRL seri E231-500 jalur Yamanote pindah ke Jalur Chuo-Sobu, kini giliran KRL seri E231-0 jalur Chuo-Sobu yang pindah ke jalur Musashino. Hal ini tentu menjadi bahan perbincangan di kalangan pecinta kereta (railfans) Jepang karena tentunya transfer rangkaian KRL ala Jepang ini bisa jadi berujung suatu yang istimewa dan tidak terduga.

KRL seri E231-0 tersebut menjadi rangkaian E231 perdana di jalur Musashino. Jalur Musashino sendiri sebelumnya hanya memiliki armada KRL seri 205 (tipe 0 dan 5000) dan KRL seri 209-500 yang sebelumnya ditransfer dari jalur Keiyo. Rangkaian E231-0 MiTsu B5+B22  tersebut ditransfer ke jalur Musashino setelah ‘ditendang” oleh kedatangan E231-500 eks-jalur Yamanote yang posisinya juga mulai tergeser oleh KRL terbaru milik JR East yaitu KRL seri E235.

Sebelum ditransfer ke jalur Musashino, KRL seri E231-0 tersebut dibawa ke Balai Yasa Akita untuk menjalani pergantian skema warna namun untuk beberapa komponen, pengerjaannya dilakukan di Aomori. Setelah pengerjaan tersebut selesai dikerjakan, KRL tersebut dibawa ke Dipo Higashi-Tokorozawa dengan ditarik oleh Lokomotif listrik EF81-140. Selang satu hari, KRL seri E231-0 tersebut langsung mendapatkan nomor kode Dipo Higashi-Tokorozawa yaitu Mu2.

Tidak butuh waktu lama, KRL anyar milik Dipo Higashi-Tokorozawa ini langsung diuji coba tepat dua hari setelah tiba dari Akita.

https://twitter.com/mahoroba818/status/911062748846419968

Kepindahan KRL seri E231-0 ini juga menimbulkan beberapa rumor, salah satunya adalah mengenai nasib KRL seri 205 Musashino. Baru-baru ini kabar mengatakan bahwa salah satu rangkaian seri 205 akan segera pensiun dalam waktu dekat. Belum diketahui rangkaian mana yang akan dipensiunkan namun bisa dipastikan kedatangan E231-0 ini bisa dipastikan sebagai pengganti dari rangkaian KRL seri 205 ini. Banyak railfans Jepang yang berpendapat bahwa setelah KRL seri 205 pensiun di jalur Musashino, KRL tersebut akan segera menjalani kehidupan keduanya di Jakarta.

Namun, hal tersebut masih sebatas rumor. Belum ada informasi resmi terkait rencana KRL seri 205 milik jalur Musashino ini akan diboyong ke Jakarta.

Apakah KRL seri 205 jalur Musashino ini akan ditransfer ke Jakarta? ataukah akan dirucat di Jepang sana? Tunggu kabar selanjutnya hanya di KAORI Nusantara!

Cemplus Newsline by KAORI

Tinggalkan komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.