BAGIKAN

reon

Dilansir dari Anime News Network, Hideaki Anno, sutradara di balik anime Evangelion dan Shin Godzilla baru-baru ini menjadi penceramah dalam sesi SMA N. Dalam sesi ceramah mengenai masa depan para murid itu, Anno berkata di depan para murid bahwa dirinya tidak pernah belajar dengan serius selama di sekolah.

Lebih jauh, dirinya mengaku bahwa anime Space Battleship Yamato adalah “hidupnya”, hingga dirinya bahkan bisa mengingat banyak kata-kata dan juga musik dari anime tersebut.

Di masa mudanya, Hideaki Anno sangat terobsesi dengan anime dan komik, ataupun bermain mahjong bersama teman-temannya. Bahkan tatkala musim ujian, dirinya lebih memilih bermain mahjong ketimbang belajar.

Namun bagi Anno, belajar dalam arti akademis memang bukanlah hal terpenting selama di SMA, melainkan melakukan apa yang memang ingin dilakukan. Bagi Anno, dengan melakukan apa yang ingin dilakukan, maka tiap-tiap insan akan menemukan hasrat hidupnya di masa mendatang. Tidak masalah apa hasratnya, entah apakah itu olahraga ataupun kesenian, menemukan hasrat adalah hal terpenting yang bisa dilakukan selama di sekolah.

Anno juga menambahkan bahwa kemampuan berkomunikasi sangatlah penting di segala bidang, termasuk di industri anime. Dirinya juga menambahkan bahwa menguasai bahasa Inggris sangatlah penting, terutama di jaman sekarang.

SMA N sendiri adalah sesi korespondensi daring yang dibuka oleh Kadokawa sejak tahun 2016 lalu, di mana dalam sesi tersebut banyak murid-murid yang tertarik dalam bidang industri hiburan digembleng oleh ssejumlah nama-nama besar di industri hiburan Jepang seperti Reki Kawahara sang novelis dari Sword Art Online, ataupun Keiichi Sigsawa sang novelis Kino no Tabi.

Dalam sesi baru-baru ini, Hideaki Anno menjadi penceramah bersama Nobuo Kawakami, sang dirut dari Kadokawa Dwango, yang juga mengaku bahwa dirinya adalah seorang figur yang “nakal” selama di sekolah. baginya, sistem sekolah Jepang harus dimodernisasi, terutama di era digital saat ini, di mana sistem pendidikan Jepang sendiri kerap kali dianggap terlalu berfokus pada pelajaran akademis ketimbang mengembangkan kemampuan profesional

Kawakami sendiri setuju dengan yang dikatakan oleh Anno, di mana belajar hanya untuk lulus ujian tidak akan membuat setiap insan menjadi cerdas. Tiap-tiap insan haruslah memiliki kepekaan dan terbuka dengan ide-ide baru.

Ceramah dari Anno dan Kawakami sendiri sebelumnya disiarkan melalui Niconico Douga.

KAORI Newsline