Komunitas IPB Nihon Arts and Culture Interest (INARI) telah menggelar acara bertajuk INARI Matsuri (I-M@TS) pada Minggu, 10 Desember 2017. Digelar di Auditorium Toyib Hadiwijaya, Kampus IPB Dramaga, acara yang mengusung tema Going Towards The Dream menghadirkan berbagai konten dan bintang tamu menarik, seperti maid cafe dari Dear Maid & Butler Café, DJ Lazurite, dan Roulette.

Selain itu, acara ini juga turut menggelar berbagai lomba, mulai dari lomba edukasi yang dibuka khusus untuk siswa SMA (pidato dan menulis kana) hingga lomba umum (coswalk, karaoke, dan dance cover) yang digelar di panggung utama.

Acara I-M@TS sendiri mulai dibuka sejak pukul 08:30 WIB. Para pengunjung pun sudah terlihat meramaikan loket tiket beberapa saat setelah acara dibuka. Mereka yang datang ke acara ini pun tidak hanya berasal dari mahasiswa IPB dan sekitar Bogor, ada juga yang datang jauh-jauh dari Cikarang, bahkan Bandung. Sebagian pengunjung ini pun datang berombongan dengan teman-teman sehobi. Setelah sempat turun hujan deras pada siang hari, Auditorium Toyib kembali didatangi oleh pengunjung yang datang pada sore hari.

Pengunjung mulai memadati loket tiket INARI Matsuri

Semakin siang, pengunjung yang datang ke Audorium Toyib pun semakin ramai. Tak hanya stand merchandise yang seakan sudah menjadi “menu wajib” dalam setiap acara jejepangan, berbagai lomba yang digelar di panggung utama juga disambut dengan antusias oleh para pengunjung. Para pengunjung pun semakin semangat ketika lomba makan takoyaki juga ikut digelar di acara I-M@TS.

Advertisement Inline

Acara I-M@TS juga turut diramaikan oleh berbagai stand komunitas jejepangan. Komunitas yang hadir di acara ini pun cukup beragam, mulai dari komunitas Ita Indonesia yang turut membawa itansha (motor hias) yang dipajang di area parkir Auditorium Toyib, komunitas gaming LLSIF ID dan Deresute Indonesia, serta komunitas hobi Utaite Indonesia dan Bogor Duelist Club.

Itansha dari komunitas Ita Indonesia

Pada gelaran perdananya, acara I-M@TS menghadirkan bintang tamu yang cukup menarik. Grup dance Roullete dengan penampilan dance yang jenaka dan keren serta grup Rozen dengan penampilan dance cover-nya berhasil menghibur penonton. DJ Lazurite yang sebelumnya pernah tampil di perhelatan C3 AFA Jakarta 2017 akhirnya naik panggung menjelang akhir acara. Membawakan setlist lagu-lagu remix anisong selama 1 jam, mulai dari Hotel Moonside (iDOLM@STER Cinderella Girls) hingga Bon Appetit S (Blend S), DJ Lazurite berhasil menutup acara ini dengan meriah di sore hari. Tak lama setelah itu, pengumuman para pemenang lomba I-M@TS pun akhirnya diumumkan.

Satu hal yang menarik dari INARI Matsuri adalah acara ini merupakan gelaran acara jejepangan pertama yang digelar di dalam lingkungan kampus IPB. Walau masih ada sedikit catatan tentang penyelenggaraan acaranya (seperti jadwal acara yang sedikit “meleset” ketika sore dan kurangnya penanda arah ke lokasi), acara I-M@TS berhasil menjadi acara jejepangan yang menarik pengunjung dengan konten acaranya yang pas. Mungkin akan menarik bila acara ini kembali digelar pada tahun depan.

KAORI Newsline

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.