BAGIKAN
Isi Ulang Minimal Kartu Multi Trip
(Dari kiri ke kanan) Vending Machine khusus KMT dan yang khusus THB di stasiun Juanda. Untuk yang KMT memiliki ukuran yang lebih kecil. | Foto: Fasubkhanali

Setelah sebelumnya PT Kereta Commuters Indonesia (KCI) meluncurkan fasilitas Fare Adjusment Machine di stasiun pada Senin (8/1), kini isi ulang minimal Kartu Multi Trip (KMT) naik menjadi Rp10.000,00 dari sebelumnya Rp5.000,00. Meskipun demikian, kenaikan nominal isi ulang minimal KMT ini juga dibarengi dengan berkurangnya saldo minimal KMT dan kartu bank dari sebelumnya sebesar Rp13.000,00 menjadi hanya Rp5.000,00.

Kartu Multi Trip (KMT) edisi lama.

Aturan isi ulang minimal Rp 10.000,00 ini sendiri berlaku untuk KMT versi lama maupun versi Felica. Isi ulang KMT sendiri dilayani hingga nominal maksimal per transaksi sebesar Rp. 200.000,00 dan KMT mampu diisi dengan total saldo maksimal sebesar Rp1.000.000,00 dan dapat diisi ulang di semua stasiun Commuter Line baik itu di loket maupun vending machine. Selain di stasiun, KMT khususnya versi Felica dapat diisi ulang di gerai Alfamart bertanda khusus.

Baca juga: KCI: Commuter Line Angkut 315 Juta Penumpang Pada 2017.

Fungsi Fare Adjusment Machine sendiri untuk memudahkan pembayaran selisih biaya untuk penumpang bertiket harian berjaminan (THB) yang “kebablasan” dari stasiun tujuan dan penumpang KMT yang saldonya kurang mencukupi saat keluar stasiun.

Dengan adanya Fare Adjusment Machine dan penurunan saldo minimal KMT dan kartu bank diharapkan menurunkan jumlah penumpang yang selama ini masih menggunakan THB sehingga mempermudah perjalanan dan mengurangi antrean di loket maupun vending machine.

Cemplus Newsline by KAORI Nusantara.