BAGIKAN

Berbagai cara dapat digunakan untuk menuju Balai Kartini terutama bagi yang ingin menuju ke acara-acara yang kerap kali diselenggarakan di sana seperti Comic Frontier ataupun BEKRAF Game Prime. Para pengunjung dapat menggunakan berbagai moda transportasi, salah satunya dengan transportasi umum. Lalu, bagaimana caranya? KAORI telah menyusunnya dengan berbagai opsi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat:

Bagi masyarakat yang mengawali perjalanan menggunakan Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line, untuk menuju Balai Kartini masih perlu menyambung transportasi menggunakan layanan Bus Rapid Transit (BRT) Transjakarta. Beberapa stasiun  memiliki akses cukup dekat dengan halte BRT maupun bus stop untuk bus pengumpan Transjakarta yang memiliki akses koridor maupun rute yang dapat digunakan menuju Balai Kartini.

1. Stasiun Cawang

Pengunjung yang menggunakan KRL Commuter Line dapat menuju Stasiun Cawang. Pengunjung dapat turun di Stasiun Cawang dan melanjutkan perjalanan menuju Balai Kartini menggunakan transportasi bus Transjakarta dari Halte Cawang Cikoko (arah Semanggi). Jarak halte tersebut dengan Stasiun Cawang yaitu sekitar 300 meter. Dari Halte Cawang Cikoko, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan menuju halte Gatot Subroto Jamsostek menggunakan Koridor 9 (Pinang Ranti – Pluit) atau rute 9A (PGC 2 – Pluit). Halte Gatot Subroto Jamsostek yang merupakan halte BRT terdekat dari Balai Kartini. Selanjutnya pengunjung dapat berjalan kaki dari Halte Gatot Subroto Jamsostek menuju Balai Kartini sejauh 500 meter ke arah tenggara.

2. Stasiun Sudirman

Selain dapat turun di Stasiun Cawang, pengunjung juga dapat turun di Stasiun Sudirman dan melanjutkan perjalanan menggunakan bus Transjakarta rute 6B (Monas – Ragunan via Semanggi) dari halte BRT Tosari atau 9D (Tanah Abang – Pasar Minggu) dari bus stop atau halte reguler Tosari. Jarak antara Stasiun Sudirman dengan halte BRT Tosari dan halte reguler Tosari yaitu sekitar 400 meter ke arah Utara melalui Jalan Blora. Jika menggunakan rute 6B, pengunjung dapat turun di Halte Gatot Subroto Jamsostek, sedangkan pengunjung yang menggunakan rute 9D nantinya dapat langsung turun di bus stop Balai Kartini yang persis berada di depan Balai Kartini. Namun, perlu diperhatikan bahwa bus rute 9D ini cukup jarang dan mayoritas berjalan di jalur reguler sehingga rawan terkena macet namun sangat cocok jika ingin bersantai atau menikmati tidur terlebih dahulu.

3. Stasiun Manggarai

Stasiun Manggarai juga bisa menjadi opsi bagi pengunjung yang tidak terburu-buru. Pengunjung dapat menggunakan bus dengan rute 6M (Stasiun Manggarai – Blok M) lalu turun di Halte Gatot Subroto Jamsostek. Selanjutnya pengunjung dapat berjalan kaki dari Halte Gatot Subroto Jamsostek menuju Balai Kartini sejauh 500 meter ke arah tenggara. Perlu dicatat bahwa bus ini melalui jalan yang cukup ramai dan sedikit memutari area Kuningan – Mampang – Tendean sehingga akan memerlukan waktu tempuh yang cukup lama.

4. Stasiun Palmerah

Stasiun Palmerah dapat digunakan sebagai opsi transit dari KRL Commuter Line ke Transjakarta. Pengunjung dapat menggunakan bus Transjakarta rute 1B (Stasiun Palmerah – Tosari) atau 1F (Stasiun Palmerah – Bundaran Senayan) lalu turun di Halte Senayan JCC. Dari Halte Senayan JCC, pengunjung dapat transit menggunakan Koridor 9 (Pluit – Pinang Ranti) atau rute 9A (Pluit – PGC 2) lalu turun di Halte Gatot Subroto Jamsostek.

Biaya perjalanan menuju Balai Kartini dapat bervariasi. Hal tersebut tergantung dari moda transportasi apa saja yang digunakan dan jarak tempuh yang dilakukan. Namun, jika hanya menggunakan bus Transjakarta, biaya yang perlu dikeluarkan cukup Rp3500.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.