comifuro 14

Comic Frontier 14 (Comifuro 14), acara ke-14 dari pasar komik Comic Frontier (Comifuro) telah usai diselenggarakan di Balai Kartini. Jakarta Selatan pada 22 – 23 Februari 2020 lalu. Seperti sebelumnya, Comifuro menghadirkan berbagai lingkar-lingkar kreatif dari komikus, illustrator, hingga korporasi serta para bintang tamu yang akan turut meriahkan acara pada Comic Frontier 14. Berbeda dengan acara-acara sebelumnya, Comic Frontier 14 diselenggarakan baik di gedung Kartika Expo maupun Raflessia Ballroom dari gedung Balai Kartini itu sendiri.

Ada pertemuan, ada pula perpisahan. Setelah hadir memeriahkan Balai Kartini selama 2 hari, akhirnya perhelatan Comifuro 14 berakhir juga pada Minggu malam, 23 Februari 2020, menyisakan berbagai kenangan dari para insan-insan yang menghadirinya, sekaligus Kartika Expo dan Raflessia Ballroom, Balai Kartini sebagai saksi bisu dari kemeriahan Comic Frontier 14, dan juga 6 perhelatan Comifuro sebelumnya.

Pada hari Senin 24 Februari 2020, tim KAORI Nusantara sempat berkunjung Balai Kartini yang sehari sebelumnya masih diramaikan oleh perhelatan Comic Frontier 14. Tim KAORI Nusantara sempat berjalan-jalan menyaksikan suasana dari “hari ketiga” Comifuro 14.

Advertisement Inline

Di “hari ketiga” ini, hampir tak ada lagi sisa-sisa kemeriahan Comifuro yang baru saja diselenggarakan sehari sebelumnya. Apalagi hari menunjukkan sudah malam dan gelap, sehingga sudah tidak mungkin lagi untuk memasuki gedung Kartika Expo, maupun Raflessia Ballroom.

Meskipun begitu, tim KAORI sempat mengabadikan sejumlah suasana di dalam gedung utama Balai Kartini yang sebelumnya kerapkali dijadikan tempat para kameko beraksi memotret para Cosplayer, maupun tempat para pengunjung biasa “ngemper” demi melepas lelah di tengah-tengah keramaian acara, ataupun lorong di gedung utama yang sebelumnya merupakan tempat di mana booth komunitas dan mini stage berada, hingga halaman luar di mana selama acara dipenuhi oleh antrian pengunjung yang begitu membludak. Berikut foto-foto yang berhasil diabadikan oleh tim KAORI pada tanggal 24 Februari 2020, dan perbandingannya dengan suasana Balai Kartini selama acara Comifuro 14 berlangsung:

This slideshow requires JavaScript.

This slideshow requires JavaScript.

This slideshow requires JavaScript.

Arena di mana cosplayer biasa “ngemper”
Pintu menuju Raflessia Ballroom yang kini sudah ditutup
Tempat keluar yang kini telah sepi
Tempat ini sebelumnya dipenuhi dengan antrian tiket yang membludak
Tak lupa hangout ngopi di Kelapa Gading setelah jalan-jalan di “hari ketiga”

“Hari Keempat”, Balai Kartini Dikepung Banjir

Pada tanggal 25 Februari 2020, atau “hari keempat” atau dua hari setelah penyelenggaraan Comic Frontier ke-14 berakhir, Jakarta diguyur hujan deras yang mengakibatkan banjir di berbagai pelosok Jakarta. Tragedi banjir ini rupanya juga terjadi di sekitar Balai Kartini, di mana berdasarkan keterangan dari TMC Polda Metro Jaya, sempat terjadi banjir hingga 50-60 cm disamping Balai Kartini Jl. Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Hal ini mengakibatkan arus lalu lintas setempat terpaksa dialihkan.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.