BAGIKAN

Comic Frontier (Comifuro) kembali hadir untuk yang kesebelas kalinya. Sama seperti beberapa kesempatan terakhirnya, Comic Frontier 11 kali ini diadakan di Kartika Expo, Balai Kartini, Jakarta Selatan pada 18-19 Agustus 2018 mendatang. Berbagai lingkar-lingkar kreatif dari komikus, ilustrator, hingga korporasi, sampai sejumlah bintang tamu akan turut memeriahkan acara Comic Frontier 11.

Tepat sehari sebelum event dimulai, sebuah foto telah dipublikasikan di akun Facebook dari Comic Frontier. Dalam foto tersebut, nampak suasana interior dari Kartika Expo, Balai Kartini yang kosong melompong hanya meja dan stand tanpa isi apapun, kecuali meja dan kursi. Usut punya usut, tentu saja Kartika Expo Center, Balai Kartini masih kosong, karena acara memang baru dimulai keesokan harinya. Karenanya saat ini masih dilangsungkan sejumlah persiapan tempat, termasuk loading barang, dan pemasangan poster dan aksesori oleh sejumlah peserta. Hal ini terlihat dalam foto yang diambil langsung oleh salah seorang staff KAORI Nusantara yang tengah berada di tempat, di mana terlihat sejumlah stand seperti Comico Indonesia tengah didekorasi.

Adapun melalui pengumuman di akun Facebook Comic Frontier, suasana Kartika Expo, Balai Kartini di malam sehari sebelum Comic Frontier 11 ini nampak lengang tanpa antrian tiket yang ramai sama sekali. Tentu saja tidak ramai! Karena penjualan tiket memang baru akan dibuka keesokan harinya pada tanggal 18 Agustus 2018.

Comic Frontier merupakan acara ekshibisi kreatif yang telah rutin diselenggarakan setiap tahun. Acara ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2012. Saat pertama kali diselenggarakan Comic Frontier hanya menampung 35 lingkar kreatif untuk bergabung. Seiring berjalannya waktu dan pertumbuhan industri kreatif di Indonesia, Comic Frontier telah menjadi sebuah gerakan kreatif yang mampu menghimpun ratusan kreator dalam satu event.

Acara ini diselenggarakan dengan harapan agar Comic Frontier bisa menjadi sebuah event yang memberikan ruang baru kebebasan berekspresi dalam industri kreatif tanpa adanya batasan stigma dari masyarakat. Event ini juga diharapkan mampu menjadi penggerak industri kreatif Indonesia dengan menghimpun berbagai kalangan mulai dari kreator independen, komunitas, hingga kreator professional. Memberikan yang terbaik bagi seluruh pihak yang terlibat dalam acara ini tanpa harus meninggalkan siapapun adalah hal yang diperjuangkan dalam event ini.

KAORI Newsline | Foto oleh Nugraha Dwi Angga Putra & Tim Comic Frontier

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.