BAGIKAN

Konser Dimulai!

EGOIST memulai konser dengan awalan yang mellow, yaitu dengan lagu “Euterpe“. Salah satu lagu EGOIST yang ditunggu-tunggu ini tak disangka menjadi pembuka konser malam hari itu. Sosok Chelly yang direalisasikan melalui teknologi hologram motion capture 3.5 dimensi di atas panggung itu diwujudkan ke dalam karakter Yuzuriha Inori yang memakai kostum Kingyo Fuku (ikan emas). Sontak seluruh penonton menyambut kehadirannya dengan begitu meriah dan dilanjutkan bernyanyi lagu Euterpe bersama Chelly.

EGOIST Asia Tour 2018 Live in Indonesia @ I Love Anisong C3 AFA Jakarta 2018

Sukses membuat seisi konser galau dengan lagu pembuka, EGOIST memulai lagu keduanya. “The Everlasting Guilty Crown“, Lagu ‘kebangsaan’ EGOIST ini tiba-tiba muncul di awal pertunjukkan menghentakkan seluruh penonton. Dari yang awalnya biru, seluruh lightstick penonton dengan kompak berganti warna menjadi oren dan merah, menyesuaikan tema dari lagu ini. Video anime “Guilty Crown” yang merupakan ‘tempat lahirnya EGOIST’ diputar di layar panggung mengiringi musik dan suara Chelly. Setiap masuk ke reff, teriakan keras dari seluruh penonton, “Kono uta ga kikoeteru” begitu menggelegar membuat siapapun yang ada di sana akan merinding.

Masih dilanjut, penonton dibuat relaks sedikit dengan lagu “Extra Terrestrial Biological Entities“. Lightstick penonton kembali ‘membiru’. Kemudian, tempo kembali dinaikkan sedikit dengan lagu pada album yang sama, “Ame, Kimi wo tsurete“. Meskipun tidak memakai instrumen musik elektrik seperti lagu-lagu EGOIST lainnya, lagu ini sukses membuat penonton mengayunkan lightstick lebih cepat dengan temponya. Kemudian lagu tersebut langsung disambung dengan “Suki to Iwareta Hi” sebelum akhirnya konser memasuki jeda pertama.

Advertisement Inline

Setelah 5 lagu awalan yang tanpa henti tersebut, akhirnya sang vokalis Chelly menyapa para penggemarnya. Interaksi pun turut dibangun bersama para penonton. Para penonton begitu bersemangat, apapun kata-kata yang disampaikan Chelly saat jeda ini dibalas oleh semua penonton di arena konser dengan teriakan yang sangat meriah dan mendukung. Dan kurang dari 5 menit, jeda pertama pun berakhir dan konser kembali dimulai.

Kostum EGOIST di atas panggung berganti menjadi versi Reloaded. Akhirnya, Chelly menyanyikan lagu favoritnya sendiri, “Door“. Lagu tersebut merupakan salah satu lagu ballad yang dimiliki EGOIST yang terdapat dalam single “Reloaded“. Temponya begitu rendah, membuat ayunan lightstick para penonton terlihat begitu tenang.

EGOIST Asia Tour 2018 Live in Indonesia @ I Love Anisong C3 AFA Jakarta 2018

Nampaknya Chelly masih ingin ‘bergalau ria’ dengan penggemarnya. Setelah lagu mellow tadi, lagu selanjutnya justru lebih mellow. Bisa dibilang ini merupakan lagu EGOIST paling galau untuk sebagian besar penggemarnya. Ya, “Planetes“. Sepersekian detik lagu baru dimulai, suara kode morse yang menjadi ciri khas dari lagu ini membuat siapapun yang menjadikannya sebagai lagu favorit berteriak histeris.

Ada yang berbeda dengan warna lightstick untuk lagu ‘keramat’ yang satu ini. Jika sebelumnya lagu-lagu ballad bertempo rendah dilambangkan dengan warna biru, khusus lagu Planetes warna lightstick penonton berwarna putih. Seisi area konser mendadak silau dengan warna putih dari seluruh lightstick penonton yang begitu terang. Benar-benar membuat siapapun yang melihatnya akan terpukau.

Setelah dua lagu yang sangat galau tadi, sudah saatnya EGOIST membuat hentakan keras di lagu berikutnya. Akhirnya, Chelly menyanyikan lagu EGOIST yang paling powerful, lagu yang membuat semua penonton dapat menggila. Ya, apalagi kalau bukan “Reloaded“. Baru memasuki intro-nya, seluruh penonton sudah berteriak keras dan mengganti warna lightstick menjadi merah. Tempo konser benar-benar dibanting 180 derajat dari yang sangat pelan, menjadi super high-tension. Apalagi saat reff, saat Chelly menyanyikan lirik “Saa, reloaded yonde..” seluruh penonton menjawab dengan call yang sangat khas pada lagu ini, “Oh yeah!!” Tak ada yang lebih bergemuruh mendengar kekompakan dari seluruh penonton yang berteriak pada lagu ini.

EGOIST Asia Tour 2018 Live in Indonesia @ I Love Anisong C3 AFA Jakarta 2018

Lagu ‘neraka’ tadi pun akhirnya selesai. Beberapa penonton masih terlihat terengah-engah karena mengeluarkan tenaga yang sangat banyak untuk menyambut lagu “Reloaded” tadi. Namun, lagu selanjutnya tidak membuat tensi menurun. Pasalnya yang keluar adalah lagu “Kabaneri of The Iron Fortress“. Lightstick pun masih berwarna merah, menandakan bahwa lagu yang dibawakan masih berkarakter ‘up-tension‘. Namun, sosok EGOIST di atas panggung kembali berganti pakaian, menyesuaikan lagu yang dinyanyikan. Kali ini adalah kostum versi Kabaneri. Diiringi video anime “Koutetsujou no Kabaneri” di layar panggung, lagu ‘gelap’ yang mempunyai aura yang sangat kuat ini sukses membuat seluruh penonoton yang ikut bernyanyi menjadi lemas.

Setelah empat lagu pasca jeda pertama tadi, konser kembali jeda. Chelly pun kembali ngobrol dan ‘curhat’ sedikit kepada penonton. Chelly begitu senang fans-nya di Indonesia begitu banyak dan konser malam hari ini sangat ‘atsui‘, menandakan kepuasannya. Tidak lama, lagu ke-10 pada konser solo EGOIST ini pun segera dimulai.

Lagu bertempo sedang, dengan irama instrumen elektrik yang begitu memanjakan telinga dibawakan. Ya, “elbadaernU“. Meski tidak masuk ke dalam album kompilasi terbaik pertama EGOIST “Greatest Hits 2011-2017 Alter Ego“, lagu ini berhasil membuat penonton ‘dugem’ bersama-sama sambil mengayunlan lightstick-nya. Kostum EGOIST pada lagu ini pun juga berganti, kali ini sang waifu Inori penggunakan gaun hitam. Kostum ini juga terus dikenakan untuk 3 lagu berikutnya setelah “elbadaernU“.

EGOIST Asia Tour 2018 Live in Indonesia @ I Love Anisong C3 AFA Jakarta 2018

Baru selesai mengangguk-angguk, penonton dibuat galau lagi oleh Chelly. Memang bukan EGOIST namanya kalau tidak galau. Tidak tanggung-tanggung, lagu ‘ajeb-ajeb’ tadi langsung disambung dengan satu, bukan, tapi tiga lagu yang begitu mellow sekaligus. Pertama, lagu yang memiliki nada yang paling tinggi di reff-nya, “Kanadenaru“. Kedua, lagu yang mempunyai isi lirik begitu menyayat hati, “Ghost of a Smile“. Dan terakhir lagu tentang perpisahan yang judulnya memiliki arti “Hal yang kutemukan di dunia ini”, berjudul “Kono Sekai de Mitsuketa Mono“. Ketiga lagu mematikan tersebut benar-benar dinyanyikan secara berurutan oleh EGOIST di Indonesia pada kesempatan kali ini.

Sudah puas ‘makan’ ke-‘galau’-an, sudah pasti waktunya mengeluarkan power lagi. Setelah menunggu 13 lagu, akhirnya lagu ‘power‘ yang semua fans EGOIST pasti mengetahuinya dibawakan sebagai lagu ke-14 pada malam itu. Lagu yang juga dijadikan lagu penutup seri anime “Psycho-Pass“, “Namae no Nai Kaibutsu“. Inori kembali berganti kostum menggunakan versi “Kingyo Fuku” untuk yang kedua kalinya. Begitu intro-nya dihentakkan oleh sound di depan panggung, sontak seluruh penonton berteriak, yang akhirnya sound pada panggung tersebut kalah keras dengan teriakan seluruh penonton. Seluruh penonton ikut bernyanyi bersama Chelly sepanjang lagu. Tak ada henti-hentinya teriakan tersebut mengiringi hingga lagunya berakhir. Benar-benar klimaks yang sangat menggelegar.

Masih banyak lagu galau dan mellow yang belum dinyanyikan sepanjang 14 lagu tadi. Salah satunya adalah “Kimi Sora Kiseki“. Ya, setelah lagu ‘moshing‘ tadi, penonton kembali dibuat ‘menurun’ dengan lagu ini. Lightstick yang semula berupa lautan merah kemudian berubah warna menjadi warna biru. Nada tinggi saat reff pada lagu ini menghipnotis siapapun yang mendengar suara indah Chelly menjadi terdiam hanya mengayunkan lightstick. Ketika lirik terakhir pada lagu ini, “Kimi wo Aishiteru” selesai dinyanyikan oleh Chelly, tepuk tangan yang begitu gemuruh dari semua penonton terdengar cukup lama.

EGOIST Asia Tour 2018 Live in Indonesia @ I Love Anisong C3 AFA Jakarta 2018

Sebelumnya, Chelly sempat berkata di jeda ke-3 setelah “Namae no Nai Kaibutsu” bahwa lagu “Kimi Sora Kiseki” akan menjadi lagu terakhir yang ia bawakan pada malam hari itu di Indonesia. Namun, seusai lagu tersebut berakhir, tak satu pun penonton yang beranjak keluar dari tempatnya masing-masing. Para penggemar justru berteriak “Ankoru!!” (Encore), berharap konser tidak berakhir dan EGOIST kembali memasuki panggung untuk memulai lagu tambahan. Teriakan “Ankoru” tersebut berlangsung cukup lama. Semakin lama terdengar semakin keras, semakin cepat pula temponya. Namun, sosok Inori belum juga kembali muncul.

ENCORE!

Setelah lebih dari sekitar 5 menit teriakan penonton terdengar, akhirnya Chelly mengabulkan permintaan para penggemarnya. Chelly yang berada di balik tirai panggung, kembali muncul sebagai Inori yang direalisasikan melalui motion capture hologram secara langsung. Inori versi rambut curly, dengan sebuah topi kecil dikepalanya muncul di atas panggung. Ya, versi Inori kali ini menandakan lagu yang akan dinyanyikan sesaat lagi sebagai pembuka encore. Lagu yang melambangkan jati diri dari “EGOIST” itu sendiri, lagu yang ditulis dari EGOIST untuk para penggemarnya di seluruh dunia, “Welcome to the*fam“.

Dengan lirik rap yang begitu cepat, Chelly yang biasanya menyanyikan lagu berkarakter ballad berhasil menaklukan lagu EGOIST yang begitu unik ini di depan penggemarnya di Indonesia. Ia juga terdengar fasih dalam mengucapkan satu kalimat berbahasa Indonesia yang terdapat di awal lirik lagu ini, yaitu “Selamat Datang“. Semua penonton juga terdengar membalas sahutan yang terdapat pada lagu ini dengan sebuah call yang khas. Saat Chelly mengatakan “Say ho ho“, penonton membalasnya dengan call “ho ho” dengan nada dan tempo yang selaras.

EGOIST Asia Tour 2018 Live in Indonesia @ I Love Anisong C3 AFA Jakarta 2018

Lagu ‘pesta’ EGOIST dengan fans-nya tersebut pun berakhir. Seketika sosok EGOIST di atas panggung kembali berubah wujud. Layaknya ber-cosplay, Kali ini ia mengenakan kostum karakter Jeanne D’arc alias Ruler dari seri anime Fate, dengan rambut yang tetap terlihat khas Inori yang dikepang dua. Inlah “Inori D’arc“. Tidak lain tidak bukan, lagu yang dinyanyikan dengan kostum ini adalah “Eiyuu Unmei no Uta” yang menjadi lagu tema pembuka seri anime terkenal “Fate/Apocrypha“. Lagu rilisan paling baru milik EGOIST ini benar-benar membuat seisi area konser terlihat aura yang begitu ‘gelap’.

Encore masih berlanjut, Chelly EGOIST masih terus bernyanyi di atas panggung. Namun, kali ini EGOIST tidak menyanyikan lagu miliknya sendiri. Sebelum bernyanyi, Chelly mengatakan bahwa lagu selanjutnya adalah cover dari lagu anime. Penonton pun berteriak berharap lagu anime favoritnya masing-masing akan dinyanyikan oleh EGOIST malam hari itu. Hologram EGOIST di panggung pun kembali berganti kostum. Cukup unik, rambut Inori terlihat diikat gaya ponytail dan mengenakan T-shirt EGOIST Asia Tour 2018 yang digunakan sebagai pernik resmi tur mereka tersebut.

Dan akhirnya Chelly memilih lagu “Desir” yang dimiliki oleh GARNiDELiA sebagai lagu cover-nya pada malam itu. Meskipun karakter suara Chelly EGOIST dengan pelantun asli lagu ini, yaitu MARiA dari GARNiDELiA, sangat berbeda, ia dapat menyanyikannya dengan sangat baik. Karena lembar panduan warna lightstick yang dibagikan oleh komunitas Supercell FC Indonesia sebelum konser hanya terdapat panduan untuk lagu EGOIST, warna lightstick penonton saat lagu ini dinyanyikan terlihat cukup berantakan. Namun, masih banyak penonton yang ikut bernyanyi bersama Chelly sehingga suasana konser tetap meriah.

EGOIST Asia Tour 2018 Live in Indonesia @ I Love Anisong C3 AFA Jakarta 2018

Bukan hanya satu, EGOIST membawakan dua lagu cover anime yang membuat penggemarnya berteriak histeris. Lagu berikutnya adalah sebuah lagu anime terkenal. Tidak heran jika saat baru masuk intro saja penonton sudah berteriak membuat gemuruh yang sangat kuat. Lagu tersebut adalah lagu tema dari seri anime “Puella Magi Madoka Magica” dari duo ClariS, yaitu “Connect“. Lagu ini benar-benar berhasil membawa hype yang begitu tinggi di antara semua penonton yang hadir.

Tercatat sudah 19 lagu yang dinyanyikan EGOIST dari awal konser dimulai dengan lagu “Euterpe” tadi, hingga lagu ke-19, lagu cover ClariS “Connect“. Namun konser masih belum benar-benar selesai. Encore masih berlanjut. Setelah 2 lagu cover tadi, Chelly kembali menyanyikan lagu miliknya sendiri. “Akhirnya keluar juga“, begitulah ungkapan yang tepat saat intro dari lagu ‘wajib’ EGOIST ini terlantang sepersekian detik di area hall 5 ICE BSD, Tangerang pada malam itu. Lagu yang memiliki jumlah penonton terbanyak di kanal Youtube resmi EGOIST dengan lebih dari 13 juta penonton ini akhirnya dikumandangkan di tanah Indonesia. Teriakan dari seluruh penonton dari ujung ke ujung benar-benar tak terhentikan lagi. Lagu ini tak lain dan tak bukan adalah “All Alone with You“. Sepertinya tidak ada satupun penonton yang tak ikut bernyanyi bersama-sama sepanjang lagu ini masih dinyanyikan. Lirik khas seperti “You’ll never walk alone“, dan “Anata to Futari de” yang terdapat pada reff dalam lagu ini terdengar seolah-olah seluruh penonton dan Chelly EGOIST melakukan paduan suara masal yang begitu megah. Hype yang sudah ditunggu-tunggu sejak konser ini baru dimulai akhirnya terkabulkan.

EGOIST Asia Tour 2018 Live in Indonesia @ I Love Anisong C3 AFA Jakarta 2018

All Alone with You” bukanlah akhir sebuah konser yang tak akan pernah bisa dilupakan oleh siapapun yang hadir di konser solo EGOIST di Indonesia pada penghujung bulan Agustus kemarin. Ternyata masih ada 1 lagu terakhir! Sebelum membaca lebih lanjut, Kaoreaders yang sedang membaca artikel ini pun bisa menebak apakah yang akan menjadi lagu penutup konser EGOIST ini. Lagu yang ‘EGOIST banget’ yang belum dinyanyikan sepanjang konser tadi. Lagu pertama yang dirilis EGOIST dalam anime “Guilty Crown” sebagai debut mereka sebagai idola anisong masa kini. Lagu yang sebagian besar penggemar berpendapat sebagai “lagu paling galau milik EGOIST”. Lagu yang melambangkan EGOIST dan Inori Yuzuriha itu sendiri, “Departures ~Anata ni Okuru Ai no Uta~“.

Sesaat sebelum dinyanyikan, seluruh penerangan di area konser sengaja dibuat padam. Hanya sosok Inori yang terang benderang di atas panggung. Akhirnya ia bernyanyi, sontak penonton berteriak histeris. “Ini dia!“, begitulah ungkapan yang mungkin dikatakan sebagian penggemar EGOIST yang hadir di sana ketika Chelly melantunkan lirik pembukanya yang berbunyi “Mou anata kara aisareru koto wo“. Seluruh lightstick penonton berwarna biru pekat, tak terlihat ada warna lain. Hanya lautan warna biru dan sosok EGOIST di depan panggung yang terlihat di sana. Semua orang bernyanyi sambil mengayunkan lightstick-nya sepanjang lagu masih terdengar. Hingga akhirnya saat reff terakhir, teriakan “Hanasanaide, Gyutto” menggelegar membungkam seisi area konser. Sampai pada saatnya lagu paling ‘keramat’ ini habis, diakhiri dengan teriakan Chelly yang begitu khas yang terdapat pada rekaman asli lagu “Departures ~Anata ni Okuru Ai no Uta~“. Sebuah akhir yang sangat cocok untuk sebuah penutup konser solo yang begitu memuaskan.

EGOIST Asia Tour 2018 Live in Indonesia @ I Love Anisong C3 AFA Jakarta 2018

Setelah lagu ke-21 yang juga menjadi lagu terakhir dari konser solo EGOIST di C3 AFA Jakarta 2018 ini selesai, seluruh penonton bertepuk tangan. Tepuk tangan yang mewakili rasa terima kasih dan apresiasi kepada EGOIST yang telah sukses membuat seluruh penggemarnya di Indonesia meng-‘gila’. Teriakan keras seperti “I love you Chelly“, dan “Arigatou” dari beberapa penggemar ‘akut’ juga terdengar sangat jelas. Sosok EGOIST di atas panggung pun akhirnya menghilang bersamaan dengan kata-kata bahasa Indonesia yang Chelly ucapkan berbunyi “Sampai Jumpa Lagi!“. Diiringi musik instrumental dari lagu “Kimi Sora Kiseki” yang begitu menyejukkan, satu per satu penonton keluar dari area konser.

Saat itu, waktu sudah menunjukkan pukul 10 malam lebih. Konser EGOIST Asia Tour 2018 Live in Indonesia sudah selesai. Konser satu malam penuh hanya bersama Chelly yang begitu ‘memuaskan’.

Setlist

Berikut adalah setlist lengkap konser tersebut yang berhasil dicatat oleh komunitas Supercell FC Indonesia.

EGOIST Asia Tour 2018 Live in Indonesia @ C3 AFA Jakarta 2018:

01. Euterpe (Kingyo fuku)
02. The Everlasting Guilty Crown (Kingyo fuku)
03. Extra Terrestrial Biological Entities (Kingyo fuku)
04. Ame, Kimi wo Tsurete (Kingyo fuku)
05. Suki to Iwareta Hi (Kingyo fuku)
-MC-
06. Door (Reloaded costume)
07. Planetes (Reloaded costume)
08. Reloaded (Reloaded costume)
09. Kabaneri of the Iron Fortress (Kabaneri costume)
-MC-
10. elbadaernU (Black dress)
11. Kanadenaru (Black dress)
12. Ghost of a Smile (Black dress)
13. Kono Sekai de Mitsuketa Mono (Black dress)
14. Namae no Nai Kaibutsu (Kingyo fuku)
MC
15. Kimi Sora Kiseki (Kingyo fuku)
-ENCORE-
16. Welcome to the*fam (WTF costume)
17. Eiyuu Unmei no Uta (Inori D’arc)
18. Desir -GARNiDELiA cover- (Asia Tour 2018 T-shirt)
19. Connect -ClariS cover- (Asia Tour 2018 T-shirt)
20. All Alone with You (Asia Tour 2018 T-shirt)
-MC-
21. Departures ~Anata ni Okuru Ai no Uta~ (Asia Tour 2018 T-shirt)
-Ending-
Kimi sora kiseki -instrumental-

Itulah tadi liputan tim KAORI Nusantara dari konser I Love Anisong pada hari pertama perhelatan C3 AFA Jakarta 2018, konser solo EGOIST di Indonesia.

KAORI Newsline | Oleh Bramantyo Wibisono

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.