Dewasa ini, tidak banyak (kalau tak mau bilang tidak ada) lagi serial drama Jepang yang tayang di televisi Indonesia. Padahal di masa lalu, meskipun jumlahnya tidak terlalu banyak, namun pertelevisian Indonesia pernah turut dihias dengan sejumlah serial drama asal Jepang, di antaranya Oshin, Hanekonma, Tokyo Love Story, Ordinary People, One Liter of Tears, Hanakimi, dan sejumlah judul lainnya. Kini demi memuaskan dahaga para pecinta drama Jepang di Indonesia, stasiun televisi TVRI akan kembali menayangkan Oshin mulai Sabtu, 15 September 2018.

Oshin adalah serial drama yang dibuat oleh NHK Jepang pada tahun 1983. Dalam drama ini diceritakan perjalanan hidup Shin Tanokura (田倉 しん Tanokura Shin) dalam era Meiji sampai awal 1980-an. Ia dipanggil “Oshin”, dan harus bekerja keras dari sejak kecil sampai dewasa, namun kemudian berkat usahanya menjadi pemilik waralaba toko swalayan yang kaya. Terdiri dari 297 episode masing-masing sepanjang 15 menit, seri Oshin ditayangkan di Jepang pada 4 April 1983 sampai 31 Maret 1984. Di Jepang, seri ini meraih rating tertinggi, 52,6 persen penonton di masanya.

Advertisement Inline

Di Indonesia, serial Oshin ditayangkan di TVRI pada pukul 17.30 WIB mulai bulan November 1986 sampai tahun 1989, kemudian ditayangkan ulang berkali-kali hingga tahun 2009 termasuk di Metro TV. Drama ini memang cukup populer di Indonesia sekitar tahun 1980an, hingga akhirnya menjadi serial drama Jepang yang paling sering ditayangkan ulang di televisi Indonesia. Oshin juga sempat dibuat ulang menjadi film layar lebar dengan pemain-pemain baru pada tahun 2013 lalu. Film versi baru tersebut juga sempat diputar di bioskop Indonesia pada tahun 2014 lalu.

Oshin akan ditayangkan ulang oleh TVRI setiap hari Sabtu, pukul 19.00 WIB.

KAORI Newsline

13 KOMENTAR

  1. Kalau penayangan OSHIN yg sekarang kok ga ada ya? Katanya setiap Sabtu jam 19.00.
    Diganti kapan ya penayangannya?
    Mohon informasinya.
    Terima kasih ^_^

  2. Saya penggemar berat Oshin, tapi jam tayang selalu berubah. Saya sangat kecewa sekali karena tidak bisa mengikuti beberapa episode.apalagi saya tinggal di Jambi. sering pas jadwal Oshin tidak ditayangkan. Aduh gimana solusinya… Kapan lagi saya bisa nonton!

  3. Tolong dong….TVRI punya program.yg pasti. Sy kehilangan kesempatan beberapa seri OSHIN nih….sejak kemarin kami, 21 Maret kok gak ada di jam 10 pagi WIB ?

    PINDAH KEMANA ???

    Banyak pelajaran yg bisa dipetik dr film Oshin

  4. sama dengan yang lain tidak jelas jam tayangnya, hari senin sd rabu tetap jam 10.00 WIB, jam tayang hari kamis dan jumat tidak jelas, padahal dalam pemberitahuan oshin diputar hari senin sd jumat, kalau mau lihat ulangannya dapat dilihat dimana mksdnya facebook atau twiter atau chanel yang lain tks

  5. Sampai Rabu, 21 Maret 2019 masih diputar jam 10?00 pagi; tapi Kamis kemarin dan hari ini saya tunggu jam 10.00 tidak ditayangkan. Mohon jawaban dari TVRI, serial Oshin diganti hari dan jam tayangnya kapan ? Terima kasih.

  6. Ya.. nungguin oshin tiap hari. Terus skr tiba2 tayangannya raib. G ad info dr pihak tv. Ky gak profesional sih. Nayangin seri tiba2 udahan g jls. Jam tyg pindah jg gak. Hrsnya jgn kecewain pemirsah lah..payah abis ini mah.

  7. Iyaaa hari ini senin tidak ada . saya pikir hanya kamis jumat saja . ternyata bersambung . Kecewa karena tdk ada pemberitahuan. . sementara saya nonton tv karena ada oshin saja .tolong yg tau jam tayang baru infokan dong .

  8. Saya sangat kecewa serial Oshin tidak ada ditayangkan lg, kapan diteruskan penayangannya? Tlg diberi tahu ya TVRI.

  9. Ƙoƙ ğak jeℓas Ձitυ sih tiba2 udah gk tayang lagi kan bikin kecewa yg nonton dan yg masih penasaran akan kelanjutannya..bisa sih nonton di youtube tp bahsanya banyakan fietnam ja∂i gk mudeng ga bisa terjemahannya..tolong kejelasannya dong kapan ditayangin lagi kelanjutan episodenya

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.