BAGIKAN

Memasuki bulan April 2019, stasiun televisi TVRI akhirnya memberikan kejelasan mengenai kapan kiranya serial drama Jepang Oshin akan dilanjutkan kembali penayangannya. Sebelumnya, TVRI memang sempat menghentikan sementara penayangan serial drama klasik tersebut. Namun kini akhirnya mereka mengumumkan bahwa serial drama Oshin ditayangkan kembali mulai tanggal 8 April 2019 mendatang, dan akan tayang setiap hari Senin sampai Jumat pukul 10.00 WIB.

Oshin adalah serial drama yang dibuat oleh NHK Jepang pada tahun 1983. Dalam drama ini diceritakan perjalanan hidup Shin Tanokura (田倉 しん Tanokura Shin) dalam era Meiji sampai awal 1980-an. Ia dipanggil “Oshin”, dan harus bekerja keras dari sejak kecil sampai dewasa, namun kemudian berkat usahanya menjadi pemilik waralaba toko swalayan yang kaya. Terdiri dari 297 episode masing-masing sepanjang 15 menit, seri Oshin ditayangkan di Jepang pada 4 April 1983 sampai 31 Maret 1984. Di Jepang, seri ini meraih rating tertinggi, 52,6 persen penonton di masanya.

Advertisement Inline

Di Indonesia, serial Oshin ditayangkan pertamakali di TVRI pada pukul 17.30 WIB mulai bulan November 1986 sampai tahun 1989, kemudian ditayangkan ulang berkali-kali hingga tahun 2009, termasuk di Metro TV. Serial ini memang cukup populer di Indonesia sekitar tahun 1980an, hingga akhirnya menjadi serial drama Jepang yang paling sering ditayangkan ulang di televisi Indonesia. Serial drama yang satu ini juga sempat dibuat ulang menjadi film layar lebar dengan pemain-pemain baru pada tahun 2013 lalu. Film versi baru tersebut juga sempat diputar di bioskop Indonesia pada tahun 2014 lalu.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.