BAGIKAN

Utsuru! -the fifth- merupakan tahun kelima dari pelaksanaan event Utsuru!. Event bertajuk pesta terbesar komunitas ini pertama kali diadakan pada tahun 2014. Utsuru adalah event berkumpul dan berkembangnya berbagai komunitas jejepangan dalam satu tempat yang diwadahi oleh Japan Culture Daisuki. Karena event ini merupakan wadah bagi komunitas, maka daya tarik utama dari event itu merupakan komunitas itu sendiri dan tidak lupa juga performance di panggung oleh performer-performer yang ada di panggung utama event-nya.

Selain sebagai event berkumpulnya berbagai komunitas yang ada di Jawa Timur, event ini juga menjadi ajang interaksi komunitas dengan pengunjung melalui project-project yang diadakan oleh masing-masing komunitas. Setiap komunitas memiliki project-nya yang memiliki keunikan tersendiri satu sama lain.

Dalam tahun ini, banyak sekali komunitas yang berkumpul dan berpartisipasi dalam event ini hingga jumlah booth yang ada berjumlah 42 buah. Jumlah ini bukanlah angka kecil. Dengan adanya 24 komunitas dan 42 booth yang ada, pengunjung bisa dengan leluasa berpartisipasi dalam project yang diadakan oleh komunitas-komunitas.

Beberapa contoh project yang ada di acara ini adalah komunitas Watercolor Painting Malang dengan live painting-nya, Phantom Hobbies dengan demo panahan dan airsoftgun-nya, dan Ita Malang Otomotif dengan memajang motor dan mobil itasha. Project yang mampu menggetarkan area event adalah penampilan DJ dari booth komunitas Vibetronic. Pengunjung sangat antusias terhadap penampilan mereka hingga tanah pada rooftop ikut bergetar karena lompatan dan meriahnya pengunjung yang menikmati penampilan DJ dari komunitas ini.

“Love arrow shoot!!”

Tidak lupa juga dengan penampilan para bintang tamu yang ada di panggung utama event Utsuru yang tidak kalah seru, seperti BabyMetal Jatim, Vanfan, Maestoso, Akai Sisters, dan lainnya. Terlebih lagi dengan perwakilan dari Vibetronic yaitu Mbah Kacang, Zuharu, dan Adidkh yang tampil cukup lama dari jam 7 malam hingga mendekati jam 9 malam. Dalam waktu itu, pengunjung berkumpul di depan panggung untuk menikmati penampilan dari mereka.

Sama seperti tahun sebelumnya, ada lomba makan kerupuk dan coswalk. Akan tetapi, ada yang berbeda di tahun ini. Ada lomba balap T-Rex yang baru diadakan tahun ini. Lomba ini merupakan lomba balap di mana pengunjung yang beruntung akan berlomba dengan menggunakan kostum T-Rex yang cukup unik.

Pada lomba makan kerupuk, ada kejadian unik terjadi. Pemenang lomba tahun ini sama dengan lomba tahun lalu dan juara kedua tahun ini merupakan seseorang yang mengikuti lomba makan kerupuk tahun lalu. Dapat disimpulkan bahwa kedua pemenang ini mungkin sudah bersiap untuk mengikuti lomba kerupuk lagi di event ini.

Yang tidak kalah menariknya adalah lomba coswalk. Banyak yang mengikuti lomba coswalk dan mereka bercosplay dari banyak seri game maupun anime. Pemenang lomba coswalk pada Utsuru kelima ini merupakan cosplayer yang dapat dibilang merupakan “legenda” dalam dunia perwibuan Malang. Pasalnya, dia selalu datang ke event jejepangan yang ada di Malang dan hampir selalu ber-cosplay menjadi Satoshi dari seri Pokemon. Pada saat cosplayer ini dipanggil, para pengunjung pun bersorak-sorak dengan keras hingga menggetarkan area event. Cosplayer ini merupakan salah satu contoh penggemar yang berdedikasi terhadap hobinya.

Utsuru merupakan wadah bagi komunitas untuk berkumpul dengan sesama komunitas. Pengunjung yang datang ke event dapat menikmati apa yang dipersembahkan komunitas kepada pengunjung yang datang ke event Utsuru ini. Event ini berlangsung dengan lancar dan tanpa gangguan teknis maupun cuaca. Para pengunjung pun sangat antusias dengan apa yang ada dalam event Utsuru tahun ini. Dengan ini, semoga event Utsuru tahun depan tetap ada dan semakin lancar tanpa gangguan. Selamat bertemu di event selanjutnya!

KAORI Newsline | Foto oleh Dany Muhammad

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.