BAGIKAN

Perhelatan pop kultur Jepang tahunan C3 AFA Jakarta 2018 telah diselenggarakan pada 31 Agustus hingga 2 September 2018. Berbeda dari sebelumnya, perhelatan ini kini digelar di lokasi yang benar-benar baru, yaitu arena Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang.

Pada tahun ini, gelaran C3 AFA Jakarta 2018 kembali menghadirkan berbagai konten acara yang siap memuaskan para penikmat anime di Indonesia. Mulai dari booth yang memamerkan judul-judul anime pilihan (Featured Anime), penampilan bintang tamu di Akiba Stage, dan tentunya berbagai acara spesial di panggung Main Stage. Lantas seperti apa keseruan perhelatan pop kultur Jepang yang konon katanya akan menjadi yang “terakhir” di Indonesia ini?

Membahas event besar dan populer tentu terasa kurang lengkap kalau tidak membicarakan tentang animo pengunjung yang datang. Walau digelar di arena baru yang sebenarnya terletak di luar wilayah Jakarta, minat pengunjung yang datang ke gelaran C3 AFA Jakarta tahun ini, terutama dari wilayah Jabodetabek, ternyata cukup tinggi. Pada hari Sabtu (1/9), antrian pengunjung di depan pintu masuk pun terpantau ramai pada pagi hingga siang hari. Area depa pun juga semakin semarak dengan kiriman karangan bunga untuk para bintang tamu spesial yang hadir C3 AFA Jakarta dari para fans, mulai dari Sora Tokui hingga EGOIST.

Kiriman karangan bunga untuk para bintang tamu C3 AFA Jakarta 2018. (Irfan Dhafirwan)

Digelar di venue baru, area exibition pun jadi terasa sedikit lebih luas. Hal tersebut paling terasa di area “makan-makan” di mana tempat ini kini terasa begitu lega. Area exibition pada tahun ini terasa sedikit berbeda, di mana konten gaming di C3 AFA Jakarta menjadi lebih banyak. “Berkolaborasi” dengan event GameStart, berbagai turnamen game fighting pun digelar di panggung khusus AFA Play, mulai dari yang game “sejuta umat” Tekken 7 hingga game yang populer di kalangan penikmat jejepangan seperti Blazblue, Guilty Gear, dan Dragon Ball FighterZ. Tak ketinggalan, booth Bandai Namco pun juga menggelar turnamennya sendiri dengan menghadirkan berbagai judul-judul game yang dirilis oleh mereka.

Sementara itu, event C3 AFA Jakarta kali ini masih tetap diramaikan oleh berbagai booth-booth besar dan kecil, mulai dari booth komunitas lingkar kreatif yang sering hadir di acara-acara jejepangan Jabodetabek, Featured Anime, hingga nama-nama besar di industri anime Jepang yang menjual berbagai pernik eksklusif. Ada beberapa booth yang menarik perhatian kami di sini, seperti booth anime Pop Team Epic yang terasa anti-mainstream seperti di anime dan manganya. Menyambut kedatangan EGOIST ke Indonesia, booth Sacra Music hadir dengan mengusung tema tribut untuk sang artis anisong populer ini, mulai dari info lengkap seputar EGOIST hingga tempat khusus untuk mendengarkan berbagai lagu-lagunya yang telah dirilis secara gratis.

Di panggung Akiba Stage, para bintang tamu yang tampil di sini juga berhasil menarik menyedot perhatian pengunjung yang ada di area exibition. Terpantau beberapa kali panggung ini terlihat begitu ramai, salah satunya ketika Lotus Juice yang terkenal karena menjadi komposer anime PERSONA3 THE MOVIE, PERSONA4 the ANIMATION, dan JoJo’s Bizzare Adventure: Battle Tendency tampil pada Sabtu (1/9) sore dengan memamerkan skill nge-rap-nya.

Arena Main Stage pada C3 AFA Jakarta tahun ini juga diramaikan dengan berbagai bintang tamu dan konten-konten anime pilihan yang menurut kami tampil lebih “menggigit.” Beberapa episode perdana dari judul anime yang akan tayang pada Oktober mendatang ditayangkan secara khusus di sini, seperti Lost Song dan JoJo’s Bizzare Adventure: Golden Wind. Tak hanya itu, panggung Main Stage juga diramaikan dengan penampilan virtual YouTuber yang begitu populer di kalangan fans jejepangan. Ya, siapa lagi kalau bukan Kizuna Ai yang tampil pada hari Sabtu. Celoteh sang virtual YouTuber pun beberapa kali disambut dengan tawa meriah para penonton yang sudah menanti kehadirannya di atas panggung, atau lebih tepatnya di layar besar panggungnya.

“Hai domo, Kizuna Ai desu!” (Tanto Dhaneswara)

Akhir kata, perhelatan C3 AFA Jakarta 2018 tetap menjadi event pop kultur Jepang yang menghadirkan berbagai konten-konten menarik di dalamnya. Event tahun ini boleh dibilang berhasil menyajikan konten acara dan bintang tamu di panggung Main Stage yang lebih “menggigit”. Di lini konser I Love Anisong, penampilan tunggal EGOIST pada hari Jumat dan konser berbagai artis anisong pilihan di hari Sabtu begitu ditunggu-tunggu oleh para fans. Lantas, apakah event ini akan menjadi gelaran C3 AFA terakhir di Indonesia? Mari kita nantikan tahun depan!

Baca Juga:

Gathering Supercell FC Indonesia di #C3AFAJKT18: Dihadiri Pucchi JKT48 Hingga Orasi di Exhibition

KAORI Newsline | Foto oleh Irfan Dhafirwan dan Tanto Dhaneswara

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.