BAGIKAN

Kedatangan artis anisong populer EGOIST di Indonesia dalam event besar C3 AFA Jakarta 2018 pada 31 Agustus kemarin bukan hanya sekedar pertunjukan konser biasa. Selain karena konser mereka merupakan konser tunggal dari rangkaian tur “EGOIST Asia Tour 2018“, kedatangan duo vokalis Chelly dan produsernya ryo beberapa waktu lalu tersebut juga turut diramaikan oleh berkumpulnya penggemarnya di Indonesia yang membuat sebuah rangkaian acara khusus untuk menyambut EGOIST.

Bernama Supercell FC Indonesia, komunitas yang merupakan wadah pemersatu penggemar band supercell dan EGOIST terbesar dan satu-satunya di Indonesia ini mengadakan sebuah Gathering Akbar di C3 AFA Jakarta 2018 pada hari EGOIST tampil, Jumat, 31 Agustus 2018. Gathering ini diberi nama “Welcome Back to Indonesia*fam ~Selamat Datang~“. Nama tersebut diambil dari lagu EGOIST berjudul “Welcome to the*fam” yang PV nya dipilih AFA untuk mengumumkan EGOIST sebagai guest anisong mereka tahun ini. Kata “back” juga disisipkan karena sebelumnya EGOIST juga sudah pernah datang ke Indonesia pada tahun 2014 di acara yang sama. Dalam lagu tersebut juga terdapat lirik bahasa Indonesia yang berbunyi “Selamat Datang“, yang menjadi alasan kata tersebut digunakan sebagai tajuk gathering akbar mereka dan tagar khusus #SelamatDatangEGOIST yang komunitas ini kampanyekan.

Gathering akbar Supercell FC Indonesia menyambut kedatangan EGOIST

Kegiatan ini mereka adakan khusus untuk menyambut kedatangan idola mereka di Indonesia kali ini setelah 4 tahun lamanya. Lalu, apa saja yang mereka lakukan untuk menyambut EGOIST pada hari itu? Apakah ada hadiah untuk setiap orang yang ikut hadir? Apa benar katanya ada anggota fans resmi EGOIST dari Jepang yang hadir meramaikan gathering ini? Malah katanya sampai kedatangan artis idol lokal juga? Jawabannya ada pada laporan lengkap gathering akbar Supercell FC Indonesia “Welcome Back to Indonesia*fam ~Selamat Datang~” berikut ini.

Pemasangan Stand Flower

Gathering fans EGOIST seluruh Indonesia ini diadakan beberapa jam sebelum konser EGOIST dimulai, yaitu pada siang hari pukul 13:30 WIB di taman depan drop-off mobil Hall 6 ICE BSD. Namun sebelum itu, pagi hari sekitar pukul 9, panitia dari Supercell FC Indonesia sudah mengirim karangan stand flower ke venue AFA untuk dipajang di depan pintu masuk. Mereka membawakan 2 buah stand flower berukuran besar sebagai simbol selamat datang dan rasa terima kasih untuk EGOIST karena kedatangannya ke tanah air. Unik dan apik, kedua stand flower tersebut dihiasi dengan fanart EGOIST yang digambar oleh artis-artis asli Indonesia yang begitu cantik.

2 Stand Flower dari Supercell FC Indonesia untuk EGOIST
Ucapan dari Supercell FC Indonesia

Setelah stand flower terpampang dengan rapi, mari kita bahas kegiatan gathering akbar Supercell FC Indonesia ini dari awal hingga akhir. Seperti yang ditulis sebellumnya, gathering ini dijanjikan mulai pukul 13:30 WIB. Sekitar jam 1 siang sudah terpampang banner Supercell FC Indonesia di area gathering, sehingga membuat calon peserta yang akan hadir yakin bahwa di sanalah kegiatannya benar-benar diadakan. Semakin lama, semakin banyak peserta yang sudah hadir dan akhirnya gathering pun dimulai oleh panitia komunitasnya.

Perkenalan Komunitas

Gathering dimulai secara santai dengan perkenalan komunitas Supercell FC Indonesia itu sendiri kepada peserta yang hadir. MC yang juga sekaligus ketua komunitasnya, Bramantyo Wibisono a.k.a Mas Bram menjelaskan sejarah terbentuknya, tujuan, dan kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan Supercell FC Indonesia selama ini. Sambil mendengar, para peserta mengisi absen peserta yang akan digunakan sebagai undian hadiah dan doorprize yang diumumkan di akhir acara.

Gathering dimulai!

Perkenalan Seluruh Peserta

Masih santai, rangkaian selanjutnya adalah perkenalan seluruh peserta yang hadir pada gathering tersebut. Dengan lebih dari 70 orang yang hadir, semuanya memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama lengkap, kota tempat tinggal. dan lagu EGOIST favoritnya. Tak disangka-sangka, ternyata banyak yang datang dari kota yang cukup jauh. Salah satunya Wahyu, ia datang jauh-jauh dari Jawa Timur hanya untuk menonton EGOIST dan mengikuti gathering akbar komunitas ini. Bahkan ada juga yang datang dari luar pulau Jawa, seperti Sumatera dan Kalimantan. Dan bukan hanya dari dalam negeri, gathering ini juga dihadiri oleh fans EGOIST dari luar negeri. Seorang fans bernama Wei Ying mengaku datang dari Singapura. Satu lagi lebih jauh, Lavi datang jauh-jauh dari Belanda untuk berkumpul bersama fans-fans EGOIST di Indonesia ini. Sebuah penampakan solidnya penggemar EGOIST lintas negara yang begitu membanggakan.

Para peserta gathering

EGOISTix*fam dari Jepang

Seperti yang ditulis di awal, ternyata benar-benar ada perwakilan fans resmi EGOIST dari Jepang yang turut berpartisipasi dalam gathering akbar ini. Dia adalah Shou dan Sono, perwakilan EGOISTix*fam dari Jepang. Sedikit penjelasan, EGOISTix*fam adalah nama resmi untuk sebutan fans EGOIST. Mereka mempunyai identitas dan alamat web yang dibuat sendiri oleh staf EGOIST, yaitu egoist-fc.jp. Shou dan Sono hadir menggantikan ketua EGOISTix*fam Jepang yang berhalangan hadir. Mereka pun ikut berkenalan di depan seluruh peserta yang hadir, lalu dilanjutkan dengan tanya jawab tentang mereka dan EGOISTix*fam.

Ke-2 dari kiri adalah Sono, yang tengah adalah Shou, ditemani oleh Bram yang memegang pengeras suara dan 2 panitia dari Supercell FC Indonesia

Brand Ambassador

Saat perkenalan dengan Sono dan Shou tadi, sepertinya para peserta dan bahkan MC agak sedikit gugup. Maka acara selanjutnya adalah pendinginan atau ice breaking. Ternyata gathering komunitas Supercell FC Indonesia ini juga dimeriahkan oleh cosplayer Yuzuriha Inori yang begitu ‘cantik’. Setelah selesai tanya jawab dengan Shou dan Sono, MC memanggilnya ke depan. Ia pun berkenalan, dan ternyata ia mempunyai suara yang begitu berat. Para peserta pun kaget, apalagi saat ia menyebutkan namanya, “Mas Ruru”. MC pun memberinya nama “Yuzuriha Inoru“. Inilah foto mas Ruru yang crossdress menjadi waifu kita semua.

Yuzuriha Inoru sedang perkenalan di depan peserta
Yuzuriha Inoru, brand ambassador komunitas Supercell FC Indonesia

Fun Games 1: Quiz!

Setelah bercanda bersama Inoru, fun games sesi pertama dimulai. Hadiahnya tidak tanggung-tanggung, panitia mempunyai 3 lembar poster resmi EGOIST versi “Alter Ego” ukuran B2 untuk 3 orang yang berhasil menjawab pertanyaan dari MC dengan benar. Pertanyaannya seputar lagu-lagu EGOIST dan komunitas Supercell FC Indonesia.

Inilah para pemenang fun games sesi pertama. Selamat!

Pemenang fun games sesi pertama

Penulisan Fanbook

Rangkaian acara sudah semakin dalam, kegiatan gathering akhirnya masuk ke acara intinya. Salah satunya adalah penulisan fanbook. Sebagai kenang-kenangan dan ucapan terima kasih yang akan disampaikan kepada EGOIST, komunitas ini membuat fanbook khusus yang berisikan ucapan-ucapan anggota komunitas Supercell FC Indonesia dan juga beberapa fanart dari para ilustrator asli Indonesia. Beberapa diantaranya yaitu Karinpyong, ikazu401 (penulis komik PandaClip), KazugaMei5, dan horo haro.

MC mempertunjukkan Fanbook

Di bagian belakang fanbook tersebut terdapat 4 halaman yang sengaja disediakan polos. Halaman tersebut diperuntukkan bagi anggota-anggota yang hadir pada gathering tersebut untuk menuliskan pesan-pesannya untuk Chelly, vokalis dari EGOIST. Fanbook pun dioper secara estafet dari peserta ke peserta untuk bergantian menulis pesannya masing-masing, tentunya sambil diawasi panitia. Sambil dioper, MC pun mengobrol santai dengan semua peserta yang hadir.

Fun Games 2: Jankenpon!

Setelah semua peserta telah mengisi kesan-pesannya di fanbook secara bergantian hingga penuh, sesi penulisan fanbook pun selesai. Panitia masih mempunyai banyak hadiah untuk dibagikan. Dan fun games sesi kedua pun dimulai. Hadiah dan jumlahnya masih sama seperti sesi pertama, namun cara mendapatkannya yang berbeda. Kalau tadi diperlukan wawasan seputar EGOIST dan komunitas, kali ini cukup dengan faktor hoki ‘gacha‘. Seluruh peserta memainkan permainan Jankenpon yang lawannya adalah sang MC. Orang yang kalah dan seri tidak boleh melanjutkan Jankenpon berikutnya, hingga tersisa 3 orang laksek (alias beruntung) yang menang hingga akhir.

Inilah pemenang gacha pada gathering akbar supercell FC Indonesia.

pemenang fun games sesi 2

Latihan Call dan Warna Lightstick

Dan akhirnya sampai pada sesi yang paling dinanti-nantikan. Beberapa orang sengaja datang ke gathering akbar komunitas Supercell FC Indonesia ini untuk mengikuti rangkaian acara yang satu ini. Apalagi kalau bukan latihan chant/call lagu-lagu EGOIST dan warna lightstick. Karena malamnya akan menonton konser, komunitas ini sengaja mengadakan sosialisasi dan latihan seperti ini.

Kehadiran Bintang Tamu

Ada lagi satu tamu yang begitu spesial datang ke gathering ini saat hendak latihan call dan lightstick baru akan dimulai. Dia adalah Pucchi dari JKT48. Walaupun terlambat, ia memang berencana hadir untuk mengikuti sesi latihan ini. Ternyata memang sejak dulu Pucchi merupakan fans supercell dan EGOIST, dan ia pun juga berencana menonton konser EGOIST di C3 AFA Jakarta 2018 pada malam itu. Oleh karena itu, dia datang ke gathering akbar komunitas Supercell FC Indonesia ini untuk ikut latihan call dan warna lightstick pada lagu-lagu EGOIST agar saat konser malamnya ia bisa asyik nge-chant.

Kedatangan Pucchi JKT48 disambut Inoru

Latihan ini diawali dengan pembagian selembaran panduan yang berisi lagu-lagu EGOIST yang mempunyai call beserta lirik patokannya, dan daftar warna-warna lightstick pada lagu-lagu EGOIST. Mas Bram pun menjelaskan isi dan cara membaca panduan tersebut menggunakan pengeras suara, lalu dilanjutkan praktek langsung call lirik lagunya dengan mendengarkan lagunya bersama-sama. Lagu yang dipraktekkan pada saat latihan adalah “Welcome to the*fam”, “Reloaded”, “Kabaneri of the Iron Fortress”, dan “Eiyuu Unmei no Uta”. Sisanya hanya dijelaskan warna-warna lightstick pada lagu-lagu tertentu.

Pucchi berbaur bersama anggota lainnya untuk mengikuti latihan call dan lightstick

Latihan call dan warna lightstick tadi berlangsung cukup lama. Saat selesai, sang MC mas Bram bertanya kepada Pucchi apakah dia masih kebingungan. Dan dengan jelas sambil tertawa ia menjawab masih bingung.

Penulisan Tanda Tangan di Banner

Latihan pun selesai. Di depan seluruh peserta telah terbaring sebuah banner bertuliskan #SelamatDatangEGOIST. MC berkata bahwa banner ini akan dilengkapi dengan tanda tangan oleh seluruh peserta yang hadir pada gathering akbar ini dan kemudian akan diberikan kepada pihak EGOIST melalui kru AFA. Seluruh peserta pun berbondong-bondong mengambil antrean untuk menulis tanda tangannya di posisi yang bagus. Para guest, seperti perwakilan EGOISTix*fam Jepang Shou dan Sono, serta Pucchi JKT48 juga turut menulis tanda tangannya pada banner tersebut. Peserta yang telah menulis tanda tangan diberikan merchandise eksklusif supercell FC Indonesia berupa pin dan sticker yang memang sudah dijanjikan sejak awal bahwa semua peserta pasti akan mendapatkannya.

Penulisan tanda tangan di banner oleh para peserta
Pucchi hendak melakukan tanda tangan

Fun Games 3: Gacha!

Hari sudah semakin sore, menunjukkan pukul 4 lebih. Rangkaian acara sudah menunjukkan tanda-tanda selesai karena yang berikutnya adalah pengundian 4 poster terakhir dan 1 doorprize. Ya, ‘gacha‘ lagi. Panitia masih memiliki empat lembar poster resmi EGOIST versi “Alter Ego” ukuran B2 untuk diundi dan sebuah hadiah doorprize yang masih dirahasiakan. Sang model, Yuzuriha Inoru alias mas Ruru mengambil kantong hitam yang berisi undian nomor absen peserta gathering. Dan akhirnya ‘gacha‘ dimulai perlahan-lahan oleh MC dan Inoru agar suasana semakin tegang. Dan inilah empat orang beruntung yang hari itu mendapatkan SSR.

Para pemenang undian absen peserta

Nah, sampai pada ‘gacha‘ terakhir. Hadiah doorprize pun diumumkan, yaitu CD orisinil “Koutetsujou no Kabaneri Original Soundtrack Collection” dari Sawano Hiroyuki. Semua peserta mendadak cemas berharap keberuntungannya masing-masing. Kali ini bukan MC ataupun Inoru yang mengambil nomor undian pada kantong hitam tersebut. MC mempersilakan salah satu perwakilan EGOISTix*fam Jepang yaitu Shou untuk mengundinya. Ia pun tidak keberatan dan segera ke depan untuk memulai ‘gacha‘. Ia lalu membuka nomor yang ia dapatkan dan membacakannya, nomor 53. Tidak ada geluduk tidak ada hujan, siapa sangka saat dicari di daftar absen, peserta yang mengisi absen pada nomor 53 adalah Shou sendiri. Ya, tanpa rekayasa dari panitia sedikitpun, Shou berhasil mendapatkan hadiah doorprize gathering ini dengan hasil undiannya sendiri. Seluruh peserta, bahkan MC  tertawa terbahak-bahak.

Penyerahan doorprize oleh MC kepada Shou

Foto Bersama

Selesai ‘gacha‘ sambil tertawa terpingkal-pingkal tadi, waktunya sesi foto bersama seluruh peserta yang hadir. Tapi sesi foto ini bukanlah sebuah akhir. Karena masih ada satu kegiatan ‘encore‘ lagi yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Foto bersama pada gathering akbar Supercell FC Indonesia

Orasi Keliling C3 AFA

Supercell FC Indonesia berencana melakukan orasi berjalan mengelilingi area exhibition di C3 AFA, berfoto di depan stand flower, berfoto di depan booth EGOIST dari SACRA Music, melewati Akiba Stage, dan akhirnya menyerahkan suvenir khas Indonesia dan Fanbook yang sudah ditulis lengkap dari komunitas ini.

Para anggota yang masih bertahan pun dengan semangat mengikuti orasi ini. Memasuki pintu masuk yang dijaga ketat oleh panitia ticketing, security, hingga frontline dari pihak gedung, mereka memperbolehkan MC untuk membawa pengeras suara untuk memimpin orasi di dalam area exhibition. Sambil membentangkan banner bertuliskan #SelamatDatangEGOIST yang sudah ditanda tangani tadi, teriakan “EGOIST!! EGOIST!!” oleh seluruh peserta yang ikut berorasi terdengar sangat lantang di seluruh penjuru area exhibiton hingga banyak orang yang menyorotinya.

Prasi di depan venue AFAID oleh rombongan supercell FC Indonesia

Penyerahan Suvenir dan Fanbook

Orasi berjalan tersebut berlangsung sekitar 20 menit dan diakhiri dengan memberikan fanbook dan suvenir khas Indonesia untuk EGOIST melalui pihak AFA di depan pintu masuk. Sebagai tanda terima, perwakilan dari Supercell FC Indonesia berfoto dengan panitia AFA yang bertanggung jawab menyampaikan cenderamata tersebut untuk EGOIST.

Penyerahan fanbook dan suvenir kepada EGOIST melalui panitia AFA

Dengan selesainya penyerahan fanbook dan suvenir tersebut, berakhir pula keseluruhan rangkaian acara dari gathering akbar fans EGOIST seluruh Indonesia yang diadakan komunitas Supercell FC Indonesia di C3 AFA Jakarta 2018, Jumat, 31 Agustus 2018. Waktu sudah menunjukkan sekitar pukul 17:30 WIB, sudah waktunya untuk membuat barisan antrean masuk konser.

Konser EGOIST di C3 AFA Jakarta 2018 dalam rangkaian tur EGOIST Asia Tour 2018 ini pun dimulai pukul 20:00 WIB. Kaoreaders bisa membaca lebih lanjut laporan setlist dan kemegahan konser tersebut pada artikel berikut. Beberapa menit setelah konser selesai pada sekitar pukul 10 malam lebih, twitter resmi EGOIST staff membuat twit terima kasih atas konser di Indonesia tadi. Tak diduga-duga, mereka menyisipkan foto 2 stand flower dari komunitas Supercell FC Indonesia yang disebutkan di awal tadi, pada twit tersebut. Staf EGOIST berterima kasih atas karangan bunga tersebut kepada komunitas penggemarnya di Indonesia. Selamat kepada Supercell FC Indonesia!

Itulah tadi keseruan gathering akbar penyambutan EGOIST di #C3AFAJKT18 beberapa jam sebelum konsernya dimulai yang dipersembahkan oleh komunitas penggemar supercell dan EGOIST yang terbesar dan satu-satunya di Indonesia, Supercell FC Indonesia.

Gabung dengan Supercell FC Indonesia!

Bagi kamu yang juga suka dengan supercell dan/atau EGOIST, ayo bergabung dengan komunitas ini agar seluruh fans supercell dan EGOIST di Indonesia semakin besar dan menyatu. Klik facebook page supercell-EGOIST FC Indonesia, klik like dan sign-up untuk masuk dalam grupnya.

Untuk kamu yang mempunyai akun LINE, bisa bergabung juga dengan grup LINE Supercell Indonesia. Grup ini dibuat untuk mengakrabkan diri antara sesama anggota agar tidak canggung saat gathering tatap muka, sekaligus sebagai grup koordinasi jika ada suatu kegiatan yang sedang dilakukan oleh mereka. Cara bergabungnya cukup add ID LINE “tio139” (tanpa kutip), chat akun tersebut untuk meminta bergabung ke grup LINE.

Tentang Supercell Indonesia

Supercell FC Indonesia adalah komunitas unofficial fans supercell dan EGOIST yang mencakup se-Indonesia. Komunitas ini sudah berdiri dari tahun 2013 sebagai komunitas regional negara dari Supercell FC World. Oleh karena itu menjadikan Supercell FC Indonesia sebagai perkumpulan fans supercell dan EGOIST satu-satunya di Indonesia.

Supercell FC Indonesia di sosial media berbagi info terupdate, artikel menarik, dan segala hal mengenai kegiatan supercell dan EGOIST, Sebagai komunitas kami juga menyampaikan informasi waktu gathering dan dokumentasi serta liputan pasca gathering.

Kegiatan Supercell FC Indonesia bukan hanya di sosmed, namun kami juga aktif kopdar dan gathering. Di Jakarta sendiri, minimal kami gathering 1 bulan sekali dengan kegiatan yang berbeda tiap bulannya.

LINE Group :
Contact ke LINE ID : tio139
Grup FB: supercell/EGOIST Indonesia
Fanspage FB: www.facebook.com/supercellindonesia
Twitter : @IDsupercell
OA LINE : @gyv2942e

Baca juga:

Konser Solo EGOIST di #C3AFAJKT18: Puas Satu Malam Hanya Bersama Chelly

KAORI Newsline | Oleh Bramantyo Wibisono

1 KOMENTAR

  1. Wkwkwkwk tuh Saia dari Makassar (Sulawesi) baru tiba d Surabaya hari Rabu trus ke Nganjuk (rmh nenek) + daftar Univ trus malamnya langsung Cusss ke Tangerang (gw Cancel Ospek 😥)..

    Tiba d Tangerang kamis siang… G bisa nyewa hotel gw numpang tidur d rumah orang😅 gw tidur dari siang mpe pagi karena perjalanan jauh(Makasar-surabaya-tangerang)

    Paginya gw pamit dan berterimakasih ke induk semang yg gw GK nyangka kalo masih ada org sebaik itu d kota besar, beda Ama Makassar 😅

    Cusss gw berangkat ke “my best day EVAHHH…” Dan ini adalah AFA pertama dan terakhir Saia😭

    Ikut gathering … Perasaan Saia jadi was-was :V takut pada sombong2 karena anak2 kota imagenya gitu(tapi GK semua)😅 setelah ada seseorang yg mengajak gw kenalan …. Dan ah… Ternyata “Prasangka tdk akan menyentuh kebenaran sedikitpun”(quote guru saya) :V .. kamipun bersama2 dalam gathering tersebut..

    Alhamdulillah seluruh perjuangan gw Terbayar setelah : dpt banyak temen baru… Dapat poster alterego… Bisa ketemu salah satu member idol grup idola gw… selain nama Chelly.rio n Leader Bramantio Wibisono​​ Nama Saia tercantum dalam artikel ini :v

    Saia juga seneng pas mbuat seluruh hadirin tertawa saat saya mengajukan pertanyaan ke duo EGOISTix Jepang 😀

    “Dan setelah gathering ini selesai nama gw berubah”

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.