BAGIKAN
jinrui vs kyojin
© Hajime Isayama / Shonen Magazine

Attack on Titan, komik karya Hajime Isayama ini memang cukup populer di kalangan penikmat komik dan anime Jepang. Dari animenya yang sudah berjalan sebanyak 3 musim, termasuk sempat diadaptasi menjadi film live action sebanyak 2 film, bahkan akan kembali diadaptasi menjadi film live action, kali ini oleh Hollywood, hingga fakta bahwa komiknya sendiri juga dikembangkan menjadi berbagai spin-off (di mana hampir semua komik berikut spin-offnya juga telah dierbitkan di Indonesia), hal ini cukup membuktikan betapa besarnya kepopuleran Attack on Titan. Namun siapa sangka, komik yang menjadi fenomena tersendiri dalam industri komik Jepang ini awalnya adalah sebuah komik one shot yang sempat ditolak penerbit besar?

Adalah Jinrui VS Kyojin, sebuah komik one shot sebanyak 65 halaman yang ditulis oleh Hajime Isayama ketika masih berumur 19 tahun. Jinrui VS Kyojin sempat memenangkan penghargaan “Fine Work” dalam kontes Magazine Grand Prix 2006 yang diadakan oleh Kodansha, hingga belakangan dikembangkan lebih lanjut menjadi Shingeki no Kyojin atau Attack on Titan saat diserialisasikan oleh Bessatsu Shonen Magazine. Uniknya, Jinrui VS Kyojin sendiri awalnya sempat disubmisikan ke majalah Weekly Shonen Jump, namun belakangan ditolak setelah Isayama tidak bersedia untuk memodifikasi jalan ceritanya untuk cocok dengan pangsa pasar Jump.

Kini setelah sekian lama, komik prototype Jinrui VS Kyojin tersebut bisa dibaca dengan gratis oleh para pembaca melalui situs Shonen Magazine Debut. Meskipun begitu, komik ini hanya tersedia dalam bahasa Jepang saja, dan tidak jelas apakah akan dirilis ke dalam bahasa lain. Sebelumnya, Jinrui VS Kyojin sendiri pernah dirilis secara terbatas, bersamaan dengan bundel DVD/Blu-ray edisi pertama dari anime Attack on Titan.

Attack on Titan (Shingeki no Kyojin) merupakan serial komik karya Hajime Isayama yang telah terbit sejak 2009. Menjadi salah satu seri populer di Jepang, serial komik ini telah terjual sebanyak 76 juta kopi. Komik Attack on Titan juga telah dirilis di Indonesia oleh penerbit Elex Media Komputindo melalui label Level Comics.

Dalam serial ini diceritakan tentang perjuangan umat manusia dalam melawan serangan makhluk raksasa bernama Titan, Komik ini telah diadaptasi menjadi serial anime oleh WIT Studio, di mana musim ketiganya akan berlanjut pada April 2019 mendatang.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.