BAGIKAN
oneshota
© Nekoume • Ichijinsha/Sunohara-sou no Kanrinin-san Production

Hubungan beda usia adalah salah satu tema yang sering ditampilkan dalam fiksi. Salah satu variasi dari tema tersebut adalah oneshota, atau singkatan dari oneesan dan shota. Sesuai dengan kepanjangannya, oneshota merujuk kepada hubungan dekat antara karakter bocah cowok (shota) dengan karakter perempuan yang lebih tua (oneesan). Menurut beberapa sumber, termasuk komikus Hitomi Takano, oneshota sebenarnya diminati oleh pembaca laki-laki dan perempuan juga. Kombinasi shota yang imut dan kakak yang cantik, ditambah dengan gap yang muncul dari perbedaan usia mereka bisa menjadi sesuatu yang moe.

Belakangan ini cukup banyak komik yang mengusung oneshota sebagai tema utamanya, baik melalui media cetak maupun online. Berikut adalah rekomendasi berbagai komik-komik oneshota yang ada saat ini, dari komedi yang menggelitik sampai drama yang mengaduk-aduk perasaan, dari kehidupan sehari-hari sampai fantasi. Daftar ini juga akan di-update kembali jika ada judul-judul baru yang menarik.

Sunohara-sou no Kanrinin-san – Nekoume · Ichijinsha

© Nekoume • Ichijinsha

Memasuki SMP, Aki Shiina merantau ke Tokyo agar bisa menjadi lebih “jantan” karena di rumahnya di Shizuoka dia sering diperlakukan seperti anak perempuan. Tapi di Tokyo, ia menjadi penghuni asrama Sunohara-sou, bersama dengan Ayaka Sunohara, seorang kakak baik hati yang mengurus asrama tersebut, dan juga beberapa cewek kakak kelas dari sekolahnya.

Dengan format komik 4-koma, komik karya Nekoume yang dimuat di majalah Manga 4-koma Palette dari penerbit Ichijinsha ini menghadirkan cerita dengan komedi-komedi yang ringan. Adanya beragam cewek yang lebih tua di sekitar Aki berarti ada variasi interaksi yang dihadirkan, dengan reaksi-reaksi yang menggemaskan dari Aki. Fanservice juga menjadi salah satu poin andalan komedi di seri ini, tapi masih dalam taraf yang cukup ringan.

Intip panduan KAORI Nusantara atas panduan anime Sunohara-sou no Kanrinin-san berikut ini:

Summer 2018 Anime: Sunohara-sou no Kanrinin-san

Watashi no Shonen – Hitomi Takano · Futabasha/Kodansha

© 2016 Hitomi Takano • Futabasha

Satoko Tawada adalah pegawai kantoran berusia kepala tiga yang hidup melajang. Saat ia pulang dari kantor pada suatu petang, ia melihat bocah cakep bernama Mashuu Hayami yang sedang berlatih sepak bola sendirian di taman. Khawatir dengan keselamatan Mashuu berlatih sendirian malam-malam, Satoko yang pernah ikut tim futsal kampus berjanji padanya untuk menemaninya berlatih dan mengajarinya teknik sepak bola. Tetapi semakin sering mereka bersama dan menjadi akrab, Satoko mungkin telah masuk terlalu dalam ke kehidupan Mashuu dan masalah keluarganya… .

Dibuat oleh komikus BL Hitomi Takano, komik ini termasuk judul yang menggambarkan hubungan beda usia dengan lebih serius. Dengan latar belakang yang dimilikinya, Takano mampu mendalami perasaan-perasaan kompleks karakternya melalui narasi maupun garis-garis yang indah dan halus. Hubungan antara Satoko dan Mashuu yang saling mengisi kesepian dalam kehidupan masing-masing bisa menimbulkan simpati yang kuat, tapi sekaligus terasa salah dan tabu melalui kegalauan yang dialami oleh Satoko. Sebuah komik yang mengaduk-aduk emosi sebagai kekuatan utamanya. Komik yang dimuat di majalah Gekkan Action dari penerbit Futabasha dan Young Magazine dari Kodansha ini sudah diterbitkan di AS oleh penerbit Vertical dengan judul My Boy.

Yankii Shota to Otaku Oneesan – Yumi Hoshimi · pixiv/Square Enix

© 2016 Yumi Hoshimi/SQUARE ENIX

Kazuko Saeki adalah seorang cewek otaku yang menggemari karakter shota. Hidupnya menjadi tidak tenang sejak keluarga Aikawa pindah ke sebelah rumahnya, karena anak lelaki mereka yang bergaya yankii suka mengikuti dirinya ke mana-mana.

Tokoh utama yang menggemari karakter shota menjadi keunikan dari komedi di komik 4-koma karya Yumi Hoshimi ini, karena hal itu membingkai bagaimana Kazuko menanggapi situasinya sendiri berhadapan dengan shota sungguhan. Selain itu, komik yang awalnya ditayangkan di pixiv sebelum diterbitkan oleh Square Enix ini juga menggambarkan persahabatan antar otaku dengan menarik.

Young Master and Maid (Bocchan to Maid) – Tobise · Comico

© Tobise • Comico

Kathy mulai bekerja sebagai maid di rumah keluarge Brightwell. Nyonya Brightwell berpesan pada Kathy agar berteman dengan anak lelakinya, Johannes. Tapi Johan anak yang galak dan tidak mau didekati.

Sebagaimana ada karakter ojou-sama (nona muda) yang tsundere, ada juga karakter bocchan (tuan muda) yang tsundere, seperti Johan di komik ini. Tidak mudah bagi Kathy untuk menembus sifat tsuntsun Johan, tapi dengan ketekunan dan kesabaran dan pantang menyerah untuk mencoba kembali setelah melakukan kesalahan, sedikit demi sedikit Kathy bisa membuat Johan menunjukkan sisi deredere-nya. Komik berformat webtoon yang lembut dan manis dan disajikan dengan warna-warna yang hangat ini dapat dibaca di situs Comico Indonesia.

Ninja Girl in Love (Shinobazuno!) – Satoru Takeyama · Shogakukan

© Satoru Takeyama · Shogakukan · m&c!

Shino Ichikawa (bukan Asada) adalah seorang gadis ninja berusia 17 tahun yang ditugaskan menjadi pengawal Kazuki Ogami, ahli waris keluarga Ogami yang baru berusia 14 tahun. Kazuki sendiri jatuh hati pada Shino setelah diselamatkan oleh Shino saat pesta ulang tahunnya. Apakah perasaan Kazuki akan berbalas?

Konten oneshota juga bisa kita temukan dalam komik shoujo, seperti dalam komik karya Satoru Takeyama yang aslinya dimuat di majalah Cheese! Zoukan dari penerbit Shogakukan ini. Bukan hanya perbedaan usia, tapi juga perbedaan status dan pola pikir menjadi sumber konflik dan komedi dalam hubungan Kazuki dan Shino di cerita ini. Hubungan mereka menghadirkan momen-momen lucu yang juga bisa terasa manis. Komik ini tamat dalam satu buku dan telah diterbitkan di Indonesia oleh m&c!

Intip ulasan KAORI Nusantara atas komik Ninja Girl in Love berikut ini:

Ulasan Komik: Ninja Girl in Love

The World is Still Beautiful (Soredemo Sekai wa Utsukushii) – Dai Shiina · Hakusensha

© Shiina · Hakusensha

Karena kalah suit, Nike, putri keempat Kerajaan Hujan akan dinikahkan dengan raja Kerajaan Matahari, Livius, yang telah membuat seluruh dunia tunduk padanya hanya tiga tahun setelah bertahta. Sang Raja Dunia merasa tertarik pada putri Kerajaan Hujan karena mendengar kabar kalau mereka bisa memanggil hujan turun. Ketika Nike bertemu dengan sang Raja, ternyata ia masih anak kecil?

Satu lagi judul komik shoujo yang bisa menjadi pilihan. Walau tampil angkuh dan harus tangguh berhadapan dengan liciknya dunia politik orang dewasa, Livi juga tetap seorang anak kecil yang membutuhkan kasih sayang seperti anak lainnya. Dan ketika bersama dengan Nike yang berjiwa bebas dan keras kepala lah, Livi bisa merasa lebih nyaman untuk menunjukkan sisi rapuhnya itu, menghadirkan gap moe yang mendebarkan! Komik karya Dai Shiina yang dieserialisasikan di majalah Hana to Yume dari penerbit Hakusensha ini telah diterbitkan di Indonesia oleh m&c!

Apa Hitoha Kesepian? (Hitoha-kun Hitori Bocchi?) – Kouji Azuma · eBook Japan

© Kouji Azuma/eBOOK Initiative Japan Co.,Ltd.

Hitoha Kubusaki adalah anak kelas 5 SD yang sering sakit-sakitan dan dirawat di rumah sakit, sehingga jarang bergaul dan tidak punya teman. Tetapi cewek-cewek bukan manusia sangat tertarik kepadanya. Nasib Hitoha mulai berubah semenjak ia ditolong oleh Komako, jelmaan patung penjaga kuil yang kemudian setia menjadi pelindungnya.

Dengan unsur harem, komik ini memang bukan komik oneshota murni karena ada karakter-karakter cewek yang sebaya dengan Hitoha, tetapi cukup banyak porsi momen-momen Hitoha bersama cewek-cewek yang lebih tua untuk dinikmati. Gambar shota Kouji Azuma yang imut dan kakak-kakak baik hati di sekitar Hitoha membuat komik ini menjadi manis dan hangat. Komik ini dapat dibaca dalam bahasa Indonesia secara gratis di situs MangaMon.

Intip ulasan KAORI Nusantara atas komik Apa Hitoha Kesepian? berikut ini:

Ulasan Komik: Apa Hitoha Kesepian?

Ane Naru Mono – Pochi Iida · ASCII Media Works

© 2016 IIDA POCHI. • ASCII Media Works

Yuu adalah anak yatim piatu yang sejak kecil bisa melihat makhluk halus. Seperti tokoh utama di Natsume Yujincho, ia juga berganti-ganti wali yang tidak senang dengan keberadaannya. Saat pamannya yang menjadi wali terbarunya masuk rumah sakit, Yuu tidak sengaja bertemu dengan makhluk menyerupai perempuan berkaki dan bertanduk kambing di gudang sang paman yang menawarkan akan mengabulkan permohonan Yuu dengan imbalan hal yang berharga baginya. Tanpa banyak berpikir, Yuu yang menginginkan keluarga meminta agar makhluk itu menjadi kakaknya.

Pochi Iida membuat cerita ini dalam dua versi: sebagai doujin 18+ dan versi “bersih” yang dimuat di majalah Dengeki G’s dari penerbit ASCII Media Works. Tapi biarpun tidak berisi seks, di versi penerbit tetap ada adegan-adegan yang “nyerempet.” Referensi-referensi Lovecraft juga memberi nuansa horor dan abnormal di balik momen-momen hangat Yuu bersama dengan “kakak” yang mengisi kurangnya kasih keluarga dalam kehidupan Yuu. Komik ini sudah diterbitkan di AS oleh penerbit Yen Press dengan judul The Elder Sister-like One.

Apakah di antara komik di atas ada yang disukai oleh Kaoreaders? Ataukah ada komik lain yang lebih disuka yang belum ada di daftar ini?

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.