BAGIKAN

Jika membicarakan tentang destinasi wisata yang ada di Indonesia, Bali menjadi salah satu tujuan yang wisata yang paling dikenal di Indonesia. Padahal faktanya, sebagai negara kepulauan yang memiliki lebih dari 17 ribu pulau masih banyak destinasi wisata lain yang tidak kalah menarik dari Bali. Saat ini pihak Kemenko Bidang Kemaritiman tengah merencanakan untuk memperkenalkan destinasi wisata 10 Bali Baru melalui komik Si Juki.

Kedekatan karakter Juki dengan para penikmat kisahnya ini dinilai bisa menjadi salah satu jalan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang potensi maritim yang Indonesia miliki, sehingga terbentuklah suatu gerakan literasi kemaritiman. Elex Media dan Kemenko Bidang Kemaritiman membuat gerakan literasi kemaritiman dalam bentuk komik seri Si Juki Jalan-Jalan Nusantara ke 10 destinasi pariwisata prioritas sesuai dengan arahan Presiden.

Advertisement Inline

Destinasi pertama yang didatangi oleh Si Juki dalam petualangannya keliling Nusantara adalah Labuan Bajo. Daerah Labuan Bajo ini memang sudah sangat dikenal dengan keindahan alamnya yang menarik perhatian para wisatawan. Ada beragam objek wisata menarik yang bisa ditemukan di Labuan Bajo mulai dari wisata pantai, bukit, hingga gua bawah tanah.

Selain Labuan Bajo-Flores, masih ada 9 destinasi wisata lainnya yang akan diangkat menjadi komik Si Juki. Kabar tersebut disampaikan pada acara peluncuran komik Si Juki Seri Jalan-Jalan Nusantara: Labuan Bajo-Flores yang berlangsung pada hari Rabu, 5 Desember 2018. Dalam acara tersebut, pihak Kemenko Bidang Kemaritiman menyatakan telah menjalin kerjasama dengan Elex dan PIONICON untuk membuat 10 komik yang mengangkat 10 destinasi wisata maritim Bali Baru.

“Labuan Bajo-Flores ini baru 1, kita berencana untuk mengembangkan 10 destinasi wisata Bali Baru, dan itu masih baru 10, masih ada potensi besar lainnya di Indonesia. Kita baru bekerja di satu aspek saja yaitu pariwisata, masih banyak aspek kemaritiman lain yang bisa kita angkat. Saya yakin kalau terus kerjasama dengan Faza, tidak hanya 3 bulan sekali komik ini terbit tetapi bisa jadi 1 bulan sekali atau bahkan seminggu sekali.” Ungkap Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Alam dan Jasa Kemenko Bidang Kemaritiman, Agung Kuswandono.

Sebagai kreator Si Juki, Faza juga baru mengetahui tentang adanya destinasi wisata 10 Bali Baru tersebut. Dalam acara peluncuran komik yang berlangsung di gedung Kompas-Gramedia pada hari Rabu, 5 Desember 2018 Faza mengaku bahwa ia sangat tertarik untuk mengangkat 10 destinasi wisata tersebut menjadi komik. Baginya yang terpenting dalam membuat komik tersebut adalah ide dasar dan fakta menarik yang bisa dikemas menjadi komik.

Dalam komik pertama di Seri Jalan-Jalan Nusantara, Si Juki mengunjungi Labuan Bajo-Flores bersama Mang Awung untuk menjalankan sebuah misi rahasia. Di akhir komik tersebut terungkap bahwa destinasi wisata berikutnya yang akan dikunjungi Juki adalah Belitung. Rencananya komik Si Juki Seri Jalan-Jalan Nusantara edisi Belitung ini akan dirilis pada bulan Maret 2019.

KAORI Newsline | Informasi yang disampaikan berasal dari pihak pemberi siaran pers dan tidak merepresentasikan kebijakan editorial KAORI.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.