BAGIKAN
Infografis penutupan jalur 10 dan penggunaan jalur 4, 5, dan 8/ PT. Kereta Commuter Indonesia.

Pada Selasa (22/01), PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mengumumkan penutupan sementara jalur 10 Stasiun Manggarai. Penutupan ini dilakukan untuk mempercepat proses revitalisasi stasiun yang saat ini masih dalam proses pembangunan. Penutupan jalur 10 tersebut akan dimulai hari Rabu (23/01) hingga kurang lebih 45 hari kedepan dan telah dikoordinasikan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 1 Jakarta, Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten (BTPWJB) Kementerian Perhubungan dan KCI.

Jalur 10 Stasiun Manggarai merupakan salah satu jalur yang melayani perjalanan Commuter Line dengan jurusan Jakarta Kota-Depok/Bogor dan Jatinegara-Depok/Bogor bersama dengan jalur 8. Dengan penutupan jalur tersebut maka pelayanan penumpang jurusan Jakarta Kota-Depok/Bogor akan dipindahkan ke jalur 4, 5, dan 8. Selain melayani perjalanan jurusan Depok/Bogor, jalur 5 juga melayani jurusan Jatinegara-Depok/Bogor dan Jakarta Kota-Depok/Bogor, sedangkan untuk jalur 4 sendiri biasa digunakan untuk melayani jurusan Bekasi/Cikarang.

Stasiun Manggarai merupakan stasiun sentral yang menjadi pertemuan empat arah, yaitu Bogor, Bekasi, Tanah Abang dan Jakarta Kota. Stasiun ini masih dalam proses revitalisasi dibawah BTPWJB Kementerian Perhubungan. Nantinya, Stasiun Manggarai akan memiliki 3 tingkat yang memisahkan perjalanan KRL lintas Bogor/Depok-Jatinegara/Jakarta Kota dan KRL lintas Bekasi-Jakarta Kota, kereta bandara (Railink) dan kereta jarak jauh.

Advertisement Inline

KCI sendiri kini mengoperasikan 936 perjalanan KRL dimana 71% operasinya melalui Stasiun Manggarai. Selain KRL, Stasiun Manggarai juga dilalui kereta bandara dan kereta jarak jauh. Dengan 725 perjalanan per hari, Stasiun ini dianggap sebagai stasiun tersibuk di Jabodetabek.

Cemplus Newsline by KAORI | Ramadhan Krisna

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.