BAGIKAN
Booth Handband Studios

Di acara dengan banyaknya transaksi jual beli seperti Comic Frontier, seringkali terjadi masalah dalam proses pembayaran tunai. Tidak jarang penjual atau penjaga booth di Comic Frontier harus menukar uang sana-sini untuk kembalian dari suatu transaksi dan harus menyerah dikarenakan tidak ada yang dapat menukarkan uangya. Selain itu, calon pembeli juga harus jauh-jauh mempersiapkan uang tunai untuk suatu transaksi dikarenakan tidak adanya ATM terdekat atau ATM tersebut harus kehabisan uang setelah habis ditarik oleh calon pembeli lainnya. Diantara banyaknya masalah keuangan ini, beberapa stand di Comic Frontier 12 mencoba berinovasi untuk membuat solusi dari masalah-masalah ini dengan cara membuka pembayaran melalui layanan uang elektronik non-tunai seperti OVO atau GO-PAY.

Setelah ditelusuri lebih lanjut, tim KAORI menemukan tiga stand yang menerapkan cara pembayaran ini dalam acara Comic Frontier 12: Doujin Dalam Botol, ApaNa.ID, dan Handband Studios. Alasan utama mereka menggunakan metode pembayaran ini adalah untuk mengurangi permasalahan uang kembalian yang seringkali bisa habis di tengah acara. Andri dari Doujin Dalam Botol mengatakan bahwa meskipun sudah menyiapkan uang receh untuk kembalian, terkadang itu tidak cukup sehingga pembayaran melalui uang elektronik adalah salah satu solusi yang tepat. Kemudahan ini juga dirasakan oleh Andrew dari ApaNa.ID. Ia menambahkan bahwa pembayaran melalui uang elektronik lebih praktis karena tak bermasalah dengan kembalian dan bersifat cashless. Heru dari Handband Studios mengatakan bahwa uang yang diterima melalui transaksi elektronik saat ini sudah dapat ditarik olehnya secara tunai dan juga dapat langsung digunakan untuk membeli makanan dengan layanan pesan antar. Selain itu, mereka bertiga mengatakan bahwa saat ini banyak orang yang sudah menggunakan uang elektronik untuk transaksi mereka sehari-hari, mulai dari transportasi, keperluan makan, hingga hanya untuk menikmati promo yang ditawarkan oleh penyedia layanan uang elektronik tersebut.

Doujin Dalam Botol - Comic Frontier 12
Booth Doujin Dalam Botol

Namun diantara kelebihan-kelebihan dan kenyamanan yang didapatkan, masih ada kendala yang terjadi dalam penggunaan transaksi elektronik ini. Heru mengatakan bahwa akun yang belum terverifikasi kadang tidak bisa membayar melalui layanan ini. Verifikasi ini sendiri biasanya dilakukan dengan mengirimkan foto KTP beserta foto diri dengan KTP tersebut. Jika pengguna belum melakukan verifikasi, biasanya pengguna tidak dapat melakukan transfer antarpengguna sehingga pembayaran tidak dapat dilakukan. Tetapi hal tersebut bukanlah suatu penghalang bagi mereka untuk membuka pembayaran dengan cara elektronik dikarenakan kelebihannya yang jauh menguntungkan untuk mereka dan juga calon pembeli.

Booth ApaNa.ID
Advertisement Inline

Comic Frontier menjadi suatu wadah bagi ratusan kreator untuk menyalurkan hasil kreatif mereka dan juga menjadi acara yang tepat untuk membeli berbagai macam pernik hasil dari kreator-kreator tersebut. Dengan adanya beberapa booth yang membuka sistem pembayaran tanpa tunai, kehabisan uang tunai bukan lagi alasan bagi Anda untuk tidak berkhilaf di Comic Frontier 12.

KAORI Nusantara

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.