BAGIKAN

Tren youtuber virtual, atau beken disebut Vtuber di Indonesia rupanya masih cukup semarak. Setelah berbagai Vtuber lokal bermunculan seperti TessaAnaoons Channel, hingga Jaret dan sejumlah Vtuber lokal lainnya, kini sesosok youtuber virtual lokal kembali muncul, demi meramaikan jagat Vtuber. Mari sambut Mintchan!

Mintchan merupakan sebuah proyek Vtuber atau Virtual Youtuber yang menggunakan model Millie Narry atau yang lebih dikenal dengan nama Mintchan. Milli Narry sendiri diambil dari kata “Millienarry” yang merupakan representatif dari generasi milenial, di mana sarana dan akses untuk tutorial pembelajaran, entertainment, dan berbagai industri kreatif berbasis digital sudah jauh lebih mudah diakses. Berlandaskan hal tersebut, Mintchan diharapkan agar bisa menjembatani hal tersebut, memberikan pelajaran serta kesempatan lebih dalam berkarya bagi para pelaku industri kreatif. Bersamaan dengan itu juga, Mintchan ingin mengenalkan apa itu dunia industri kreatif yang jarang mendapatkan ekspos secara ril, kepada masyarakat awam. Semoga dengan adanya Mintchan, industri kreatif di Indonesia menjadi lebih dikenal dan lebih maju pertumbuhannya.

Advertisement Inline

Vtuber sendiri sudah ada semenjak tahun 2011 oleh Ami Yamato. Konsep menggunakan sebuah avatar 3D sebagai pengganti wajah asli si pembawa konten youtube sendiri aslinya tidak terlalu diminati dan meredup dengan sendirinya. Hingga akhirnya Kizuna Ai di tahun 2016, berhasil mendapatkan respon luar biasa sehingga konsep Vtuber menjadi salah satu iconic concept di dunia pop culture dan industri kreatif hingga kini. Semenjak kemunculan Kizuna Ai di tahun 2016, sudah banyak Vtubers yang ikut bermunculan. Kira-kira sekitar 4.000 Vtubers ditemukan di situs berbagi video populer seperti Youtube. Hingga pada akhirnya di tahun 2019 ini, Mintchan pun ikut meramaikan trend ini sebagai salah satu perwakilan dari Indonesia.

This slideshow requires JavaScript.

Konten yang akan dihadirkan Mintchan cukup beragam. Dimulai dari yang cukup umum ditemukan yaitu bermain game sambil berinteraksi dengan viewers, Mintchan juga akan memberikan konten edukatif yang memperkenalkan lebih jauh mengenai dunia industri kreatif di tanah air. Akan banyak game-game buatan lokal yang dipromosikan menggunakan IP Mintchan, dengan tujuan untuk mempermudah penjualan serta dikenalnya game-game lokal yang jarang di ekspos oleh media umum. Mintchan sendiri juga akan memberikan banyak asset kepada para pelaku industri kreatif sendiri, adapun berbagai asset yang dibagikan antara lain Ilustrasi, BGM, VFX serta tutorial untuk membuat asset game. Semuanya dibagikan secara gratis (open sources).

Jadi tunggu apa lagi? Yuk berkenalan dengan Mintchan!

KAORI Newsline | Informasi yang disampaikan berasal dari pihak pemberi siaran pers dan tidak merepresentasikan kebijakan editorial KAORI.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.