BAGIKAN

Perhelatan pasar komik Comic Market (Comiket) umumnya digelar dua kali setahun, yakni pada bulan Agustus dan Desember. Namun karena tempat perhelatannya di Tokyo Big Sight saat ini sedang direnovasi, akan ada sejumlah penyesuaian terhadap penyelenggaraan Comiket di tahun 2019 dan 2020.

Pada tahun 2019, penyelenggaraan Comiket dilaksanakan di Tokyo Big Sight, namun harinya diperpanjang dari yang semula selama tiga hari (Jumat, Sabtu, Minggu), kini diselenggarakan selama empat hari. Ini berarti Comiket 96 tahun ini akan menjadi Comiket pertama yang hadir hari Senin, setelah sebelumnya warganet Jepang sering menjadikannya sebagai guyonan dengan pergi ke Tokyo Big Sight pada hari Senin.

Sementara pada tahun 2020, Comiket musim panas akan maju menjadi bulan Mei karena efek penyelenggaraan event olahraga Olimpiade Tokyo 2020 pada Juli-Agustus, tepatnya pada tanggal 2 sampai 5 Mei 2020. Bagi pengunjung asal Indonesia yang berniat mengunjungi Comiket tahun 2020, momen ini menjadi spesial karena bertepatan dengan bulan suci Ramadan dan dalam kondisi cuaca yang tidak terlalu panas terik.

Advertisement Inline

Untuk Comiket 98, venue di Tokyo Big Sight hanya akan mengakomodasi pelapak lingkar karya (circle) indie. Pengunjung yang hendak membeli barang korporat akan diarahkan untuk membeli barang-barang kegemaran mereka di Aomi Exhibition Hall, yang terletak agak jauh namun masih berada di sekitar Tokyo Big Sight. Tidak hanya itu, Comiket 98 direncanakan juga akan menarik biaya masuk bagi para pengunjungnya.

Comic Market, atau yang lebih lazim disingkat Comiket, adalah acara pasar kreatif di mana penggemar dan kreator bisa saling berbagi dan mengekspresikan dirinya di sini. Berbagai produk derivatif dari karya-karya terkenal (doujin) berbentuk komik, aksesoris, poster, maupun cosplay muncul di sini.

Baca Juga: 

Eksklusif: Blak-Blakan Dengan Penyelenggara Comiket

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.