BAGIKAN
zumi zola kpk

Mulai hari Selasa 25 Juni 2019, Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK melelang figur-figur sitaan dari Zumi Zola. Sebagaimana telah diberitakan sebelumnya, mantan bintang film sekaligus gubernur Jambi, Zumi Zola diciduk oleh KPK lantaran menerima uang gratifikasi, yang salah satunya digunakan untuk membeli action figure karakter Marvel.

Adapun figur-figur Marvel sitaan dari Zumi Zola yang dilelang oleh KPK tersebut, di antaranya adalah figur-figur Marvel keluaran XM Studios dengan skala 1:4, yang terdiri dari 6 figur dari karakter Electro, Vulture, Black Panther, Cable, dan Lizard. Keenamnya akan dilelang satu set sekaligus, dengan harga limit sebesar Rp45.082.000., atau empat puluh lima juta delapan puluh dua ribu rupiah.

Pada hari Senin 24 Juni 2019, tim KAORI sempat mengunjungi kantor KPK untuk melihat-lihat dan mengabadikan figur-figur sitaan dari Zumi Zola tersebut. Sayangnya, saat itu hanya ada satu figur yang bisa dilihat oleh tim KAORI, yaitu figur Lizard ¼ Scale Statue XM Studios Marvel 156/500 nomor seri XM62-gtud-dgvx-0156. Inilah penampilan figur Lizard tersebut:

Advertisement Inline

This slideshow requires JavaScript.

Figur sitaan ini memang terlihat cukup impresif. Bayangkan, walau disebut-sebut berskala 1:4, namun figur keluaran XM Studios Singapura ini nampak memiliki ukuran yang cukup besar, dengan tinggi nyaris selutut manusia dewasa. Selain itu figur yang merupakan statue atau patung ini memiliki fisik yang solid dan keras. Pada figur Lizard ini sendiri, juga terdapat 2 versi kepala dengan arah berbeda yang bisa dibongkar pasang. Menurut keterangan petugas KPK yang mendampingi tim KAORI saat melihat figur ini, figur-figur sitaan lainnya memang sengaja tidak diperlihatkan dan disimpan di gudang demi menjaga kondisi barangnya. Adapun seluruh figur baru dibuka saat sesi pembuktian di pengadilan maupun saat sesi lelang. Karenanya, mereka hanya memperlihatkan satu figur saja kepada publik, yaitu figur dari Lizard.

Ke depan, pihak KPK juga berencana ingin menjalin kerjasama dengan para pegiat hobi, toys, maupun pengoleksi action figure untuk berpartisipasi membantu KPK jika suatu saat mereka menerima barang sitaan berupa action figure lagi. Hal ini disebabkan karena kasus orang tertangkap kasus korupsi demi beli action figure ini diakui baru kali ini terjadi. Karenanya pihak KPK membutuhkan kerjasama dengan para kolektor atau komunitas toys untuk bisa mengidentifikasi keaslian dan nilai dari figur-figur sitaan mereka, jika suatu saat kasus seperti ini terjadi lagi.

Figur-figur Marvel, berikut sejumlah barang milik Zumi Zola seperti sejumlah telepon seluler, jaket merek Burberry, hingga cincin sedianya telah dilelang pada hari Selasa 25 Juni 2019, dengan batas akhir penawaran pukul 10.30 Waktu Server (WIB). Hanya saja, laman www.lelang.go.id yang sedianya menjadi lokasi lelang sampai saat ini sangat sulit dibuka.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.