Mempercayai Seseorang

Sejak awal, anime Tate no Yuusha selalu berkutat dengan ide tentang kepercayaan. Kepercayaan pada seseorang sampai pada agama, sampai bagaimana terdapat konsekuensi dalam mempercayai seseorang. Bagaimana melindungi yang dipercayai dari dunia sampai dari ego individu Naofumi sendiri.

Naofumi mendapat ganjarannya setelah dia mempercayai Mein tanpa pikir panjang, begitu juga ketiga Ksatria lain yang tertipu oleh fitnah yang terstruktur, masif dan sistematis.

Heroes assembled! © 2019 Yusagi Aneko – Media Factory – Tate no Yuusha no Nariagari Production Committee

Kehadiran Raphtalia adalah sebuah pelarian dan jawaban bagi Naofumi. Bagaimana kesetiaan dan ketulusan seseorang tidak bisa dengan mudah dipastikan dan bagaimana supremasi tidak memberikan kontrol penuh. Perbudakan adalah jalan pintas bagi Naofumi untuk dapat mempecayai seseorang untuk berdiri di sisinya. Naofumi berusaha lari dari konsekuensi yang harus diambilnya.

Advertisement Inline

Tetapi kemudian Raphtalia menyangkal hal itu. Meski telah terlepas dari segel budaknya, Raphtalia datang dengan sebuah kepastian, bahwa masih ada orang di luar sana yang masih dapat Naofumi percayai.

© 2019 Yusagi Aneko – Media Factory – Tate no Yuusha no Nariagari Production Committee

Konflik mulai terekskalasi. Saat Filo nyaris terbunuh dan akhirnya membangkitkan “Cursed Shield” dalam diri Naofumi, tak ayal kekuatan itu adalah sebuah representasi akan ego seseorang yang dapat menyakiti orang yang dia percayai.

Naofumi tidak hanya harus melindungi orang-orang di sekitarnya dari dunia dan kejahatan di dunia tersebut, tetapi juga harus melindungi mereka dari ego dirinya sendiri. Meskipun kekuatan tersebut pada awalnya terkesan overpower, kekuatan itu ternyata juga datang bersamaan juga dengan konsekuensi akan kehilangan orang yang berarti bagi Naofumi.

The Rising of the Shield Hero
The Cursed Shield © 2019 Yusagi Aneko – Media Factory – Tate no Yuusha no Nariagari Production Committee

Meskipun begitu, cukup disayangkan cerita di anime ini harus berakhir saat para Ksatria bertemu dengan Ksatria dari dunia paralel lain, L’arc, Theresse, dan Glass. Konflik jadi belum bisa diselesaikan, tapi untungnya  apa yang nanti akan diceritakan di musim kedua Tate no Yuusha no Nariagari menjadi cukup jelas, kalau memang akan diadaptasi kembali.

Mungkin Tate no Yuusha no Nariagari bukanlah sebuah seri anime yang sempurna. Mungkin di pertengahan jalan terasa membosankan. Tetapi semua akan terbayar ketika mencapai akhir tujuan dengan suguhan animasi pertarungan yang lebih intens dan penjabaran cerita yang lebih jelas. Jadi pastikan anda menontonnya sampai habis.

Baca juga:

Opini: Tate no Yuusha no Nariagari, Kekecewaan yang Menghibur

KAORI Newsline | Oleh Rizqi Satrio

16 KOMENTAR

      • Baca web novelnya dong. Udah sampai volume 13 kalau yg english translatenya. Kalau yg versi jepangnya udah sampai volume 21

  1. Dari awal semua udah pada tau kok motif mein melakukan itu karena dia dan ayahnya gk suka dgn pahlawan perisai . Kalau nyimak baik2 pasti ngerti min. Jadi lebih teliti lagi ya

  2. Kapan rilis nya yah?
    Klo soal kebencian sma pahlawan perisai itu alasan nya kenapa yah? D situ aku belum paham. Emng pahlawan perisai yg dlu ngelakuin apa sma si raja sampah sma bitch lacur ? 😂

  3. Iya sih.. Bener juga kalau motifnya kurang jelas mein dan raja memusuhi naofumi. Pertama nonton, saya merasa konfliknya makin meruncing dan not solved. Cuma dari beberapa scene saja raja bilangnya benci pahlawan perisai karena dulu punya dendam (mungkin sama pahlawan perisai terdahulu). Tapi ini jadi anime favorit saya di tahun 2019. Semoga season 2nya makin the best

      • Kl dibilang membingungkan alasannya ya ga juga. Toh jg ada eps yg menjelaskan alasannya. Justru penjelasan di akhir2 malah lebih bagus. Karena masalah ini justru membawa kita merasakan kebingungan yang sama dgn karakter utama.
        Lagipula penulis artikel ini juga kurang paham apa itu filler. Filler itu ada atau tidaknya eps itu tidak mempengaruhi perkembangan jalan cerita atau tokoh utama. Sejauh ini tidak ada filler dalam anime ini. Kalau hanya terkesan membosankan itu karena sengaja dibuat temponya slow dengan perulangan kasus. Tapi itu cara baik agar ga tegang sampai 25 eps. Di versi manganya juga sama.

  4. Anime ini butuh S2,kasihan yg udah terlanjur cinta sama anime Tate no yuusha no nariagari.

  5. Gw lihat di artikel lain katanya 2021 nanti S2 nya baru keluar.. Entah itu benar/tidak coba cek aja sendiri, artikelnya bhsa inggris sihh jadi kurang ngerti…

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.