BAGIKAN

Kegiatan nonton bareng atau nobar sudah menjadi salah satu hal yang umum di Indonesia, mulai dari nonton bareng pertandingan olahraga hingga kegiatan nonton bareng film dengan menyewa satu studio bioskop. Sebagai salah satu film anime yang paling ditunggu di tahun 2019, Weathering With You (Tenki no Ko) karya Makoto Shinkai menjadi film yang ditonton pada acara nobar ini.

Baca Juga: Kami Juga Meliput Acara Nobar Film Detective Conan: The Fist of Blue Sapphire

Acara nonton bareng ini dilaksanakan pada tanggal 21 Agustus 2019 di Yogyakarta, pada hari film tersebut tayang perdana di Indonesia untuk khalayak umum. Bertajuk Wibu Bertobat: Bersama Tonton Bareng Tenki no Ko, acara ini merupakan lanjutan dari kegiatan nobar film your name yang diadakan pada 3 tahun yang lalu. Diadakannya acara nobar ini adalah untuk kesempatan kumpul-kumpul dan nonton bareng bagi para penggemar karya-karya Makoto Shinkai di daerah Yogyakarta. Nobar ini dilangsungkan dengan menggunakan salah satu studio yang ada di CGV J-Walk Yogyakarta.

Booth penukaran tiket (foto: S.Pranata)
Advertisement Inline

Sebagai film anime yang memang sangat ditunggu, suasana lokasi acara sangat ramai dan penuh. Peserta nobar datang dan menukarkan tiket dan mengambil snack dan minuman bagi pada pukul 18.00, kemudian menunggu masuk ke dalam ruangan teater. Selain untuk menukarkan tiket, peserta juga mendapatkan kartu undian doorprize yang akan diundi di ruang teater setelah film selesai. Peserta nobar tidak memerlukan waktu yang lama untuk menunggu untuk masuk ke ruang teater, mengingat ramainya kondisi bioskop dan kekhawatiran proses antrian masuk yang dapat memakan waktu.

Peserta acara nobar (foto: S.Pranata)

Film segera dimulai beberapa saat setelah seluruh peserta memasuki ruang teater. Diawali dengan iklan untuk film your name dan juga Weathering With You, peserta nobar akhirnya dapat menikmati suguhan karya terbaru dari Makoto Shinkai. Sepanjang pemutaran film, sangat terlihat antusiasme dari seluruh peserta nobar, seperti pada saat tokoh Hodaka bertemu Hina dan terutama saat ada cameo spesial dari karakter film Makoto Shinkai yang lain. Seluruh peserta sangat menghayati isi dari film Weathering With You, terlebih saat film memasuki bagian akhir dan klimaks cerita di mana seluruh peserta hening dan dapat terlihat menahan nafas menikmati filmnya. Kondisi tersebut terjadi hingga ending film dan credit roll mulai keluar.

Keseruan dalam acara sambutan dan pengundian doorprize (foto: S.Pranata)

Setelah film selesai, penyelenggara nobar memberikan sambutan kepada seluruh peserta nobar. Iqbal Wildan sebagai salah satu inisiator acara mengungkapkan rasa terima kasih kepada seluruh peserta yang mengikuti acara nobar ini, bagaimana dia sangat berkesan dengan acara nobar your name yang diadakan 3 tahun lalu, dan juga untuk menantikan karya terbaru dari Makoto Shinkai. Setelah sambutan tersebut, acara berikutnya adalah pengundian doorpzire. Hadiah yang disediakan oleh penyelenggara merupakan merchandise official dari karya Makoto Shinkai dan juga barang-barang yang berkaitan dengan filmnya. Hadiah tersebut antara lain adalah clearfile your name, T-shirt your name rilisan UNIQLO, dan yang utama adalah potato chips yang muncul di Weathering With You. Sebagai penutup, seluruh peserta dan penyelenggara berfoto bersama sambil meneriakan nama Hina, tokoh utama yang muncul pada film Weathering With You.

Mereka yang beruntung dan mendapatkan potato chips (foto: S.Pranata)
Bersama meneriakkan nama Hina (foto: S.Pranata)

Sebagai acara nonton bareng yang organik, acara ini mampu memberikan ruang bagi penggemar film Makoto Shinkai untuk menunjukkan rasa antusiasme mereka, dengan kondisi yang tetap kondusif dan wajar dalam suasana acara nonton bareng. Sebagai penutup, semoga acara nonton bareng ini dapat berlanjut pada karya baru Makoto Shinkai berikutnya.

Baca juga ulasan Weathering With You berikut ini:

Ulasan Weathering With You: Tidak Sempurna, Tapi Tetap Menghibur

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.