Tren budaya pop Korea Selatan, atau yang dikenal sebagai Korean Wave alias Hallyu merupakan sebuah fenomena internasional yang terjadi di banyak negara, termasuk Jepang. Kedekatan geografi dan budaya, serta kelihaian Korea Selatan dalam mengemas dan menjual produk-produk budaya popnya, terutama kepopuleran musik K-Pop memang berhasil membuat generasi muda di Jepang semakin gandrung dan terjangkit tren Korean Wave. Bahkan dewasa ini, semakin banyak orang Jepang yang terobsesi menjadi bintang K-Pop, dan semakin banyak juga generasi muda Jepang yang tertarik untuk belajar bahasa Korea. Selain itu generasi muda Jepang juga memandang bahwa Korea Selatan lebih fashionable dibanding Jepang. Berdasarkan survei, Korea Selatan sendiri saat ini menjadi tujuan wisata kelulusan favorit siswi SMA Jepang.
Di media sosial sendiri, orang Jepang juga terbukti cukup suka menonton K-Pop di situs video youtube. Hal ini berdasarkan penelitian dari BLIP, di mana Jepang tercatat sebagai negara keenam terbesar dari 10 negara penonton K-Pop terbesar di situs youtube. Inilah kesepuluh negara tersebut:
- Korea Selatan
- Indonesia
- Thailand
- Vietnam
- Amerika Serikat
- Jepang
- Filipina
- Brazil
- Mexico
- Malaysia