Sarana LRT Jakarta (KAORI Nusantara/Farouq Adhari)
Sarana LRT Jakarta (KAORI Nusantara/Farouq Adhari)

Pada Jumat (27/9), Stasiun Pegangsaan Dua sudah mulai dioperasikan untuk melayani penumpang LRT Jakarta. Stasiun Pegangsaan Dua sebelumnya menjadi satu-satunya stasiun di layanan LRT Jakarta yang belum beroperasi sejak dimulainya uji coba publik. Dengan beroperasinya stasiun dengan kode nomor S01 ini, masyarakat dapat semakin mudah mengakses layanan LRT Jakarta, terutama masyarakat yang tinggal atau bekerja di sekitar kawasan Pegangsaan Dua.

Stasiun Pegangsaan Dua berada di kawasan Pegangsaan Dua, Kecamatan Kelapa Gading, Jakarta Utara. Bangunan stasiun ini juga berada di area Depo Pegangsaan Dua dan kantor pusat LRT Jakarta. Berbeda dengan 5 stasiun lainnya, stasiun ini memiliki desain peron tengah yang berada di antara 2 jalur.

Dari Stasiun Pegangsaan Dua hingga Stasiun Velodrome dengan jarak 5,8 km dapat ditempuh sekitar 13 menit. Penumpang dapat menuju pusat kota dengan berpindah moda ke layanan Transjakarta melalui skybridge yang menghubungkan Stasiun Velodrome dengan Halte Pemuda Rawamangun. Dari Halte Pemuda Rawamangun menuju kawasan Dukuh Atas dapat ditempuh sekitar 35 menit dengan layanan Transjakarta. Diperkirakan waktu tempuh dari Stasiun Pegangsaan Dua hingga kawasan Dukuh Atas yaitu sekitar 55 menit.

Advertisement Inline

Fasilitas di Stasiun Pegangsaan Dua juga relatif sama dengan stasiun lainnya seperti loket penjualan tiket, gerbang tiket otomatis, mesin pembelian tiket otomatis, toilet, ruang kesehatan, area ritel, lift, eskalator, musala dan ruang menyusui. Tersedia pula fasilitas penunjang di dalam kereta seperti bangku prioritas (priority seat) dan area kosong untuk meletakan barang bawaan, sepeda lipat atau kursi roda.

Baca Juga: Integrasi LRTJ dan TJ: Fisik, Rute dan Pembayaran

“Akan terdapat area park and ride untuk kendaraan mobil dan motor, dan juga area parkir sepeda di Stasiun Pegangsaan Dua sehingga masyarakat dapat lebih mudah untuk mengakses stasiun dari rumah.” ujar Melisa Suciati selaku Manager Humas PT LRT Jakarta.

LRT Jakarta juga menggandeng Transjakarta untuk menyediakan layanan bus pengumpan yang menghubungkan Stasiun Pegangsaan Dua dengan Halte Sunter Kelapa Gading yang melayani Koridor 10 (PGC – Tj. Priok). Saat ini, baru tersedia layanan mikrotrans JAK-60 dengan rute Kelapa Gading – Rusun Kemayoran yang melalui Jalan Raya Kelapa Nias di depan Depo Pegangsaan Dua.

Jam operasional stasiun LRT Jakarta dimulai pukul 05.30 hingga 23.00. Pemberangkatan pertama dari Stasiun Pegangsaan Dua ke Stasiun Velodrome yaitu pukul 05.30 dan pemberangkatan terakhir pukul 22.20. Untuk pemberangkatan pertama dari Stasiun Velodrome ke Stasiun Pegangsaan Dua yaitu pukul 05.50 dan pemberangkatan terakhir pukul 22.40.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.