BAGIKAN
KRL seri 9500
KRL seri 9500

Ingat dengan perusahaan operator kereta api Jepang satu ini? Nagoya Railroad Co.,Ltd. atau yang terkenal dengan nama Meitetsu ini pernah muncul di dalam video game Densha de GO! Kini, Meitetsu baru saja merilis armada barunya yaitu Kereta Rel Listrik (KRL) seri 9500. Rencananya, armada baru Meitetsu ini akan dioperasikan di jalur utama Nagoya (Nagoya Main Line).

KRL seri 9500 ini dibuat oleh pabrik yang sama dengan pabrik yang membuat rangkaian MRT Jakarta, yakni Nippon Sharyo, Ltd. Dilansir dari Railway Gazette, rangkaian pertama seri 9500 ini telah dioperasikan pada Selasa (1/10). Didesain dengan kecepatan maksimal sebesar 130 km/jam dengan suplai listrik aliran atas 1500V arus searah, kereta terbaru Meitetsu ini diperkirakan akan menghemat penggunaan daya listrik 20% lebih baik daripada seri pendahulunya.

Baca Juga: Tak Kalah Keren Dari Telolet, KRL di Jepang Juga Punya Klakson Unik

Advertisement Inline

Stainless Steel dipilih sebagai bahan dasar untuk bodi dari kereta ini dengan tujuan agar mudah dalam perawatannya. Di sisi penggerak, motor traksi seri 9500 ini menggunakan Inverter Variable Voltage Variable Frequency dengan teknologi terbaru yang terbuat dari semi konduktor Silikon Karbida (SiC) yang penggunaanya dinilai baik dalam sisi konsumsi daya listrik. Kamera keamanan juga dipasang di bagian dalam dan di bagian samping bodi kereta agar petugas yang sedang berdinas dapat mengawasi proses naik turun penumpang pada stasiun dengan karakteristik peron dengan lengkung yang cukup tajam.

Desain interior pada kereta terbaru milik Meitetsu ini juga diperbarui dengan penggunaan lampu Light Emitting Diode (LED), pegangan tangan di dalam kereta diturunkan sebanyak 50mm, pemasangan akses internet melalui jaringan Wi-Fi serta layar informasi yang akan memberikan detail informasi terkait status perjalanan dan layanan transportasi lokal lainnya.

Nippon Sharyo juga memasang perangkat pemantauan pada kereta yang berfungsi untuk memantau performa dari kereta tersebut, serta memantau status komponen. Ini sangat diperlukan oleh Meitetsu untuk merawat kereta tersebut dengan pendekatan berbasis kondisi kereta.

Baca Juga: Sengaja Memotong Rambut Wanita di Dalam KRL, Pria Maniak Ini Diciduk Polisi

 

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.