shikansen telat
Shinkansen seri N700 saat melewati stasiun Aioi di jalur Sanyo Shinkansen (Wikipedia/Mitsuki-2368)

Selasa (31/12), perjalanan kereta cepat Jepang (Shinkansen) di Jalur Tokaido terpaksa mengalami keterlambatan akibat ulah segelintir turis yang terlalu asyik berswafoto atau selfie di stasiun.

Menurut penuturan saksi yang merupakan Warga Negara Indonesia (WNI), rombongan turis yang juga merupakan WNI ini melakukan selfie pada area yang tidak aman karena melebihi garis batas aman peron yang berwarna kuning. Saat Shinkansen hendak berangkat maupun tiba di stasiun, area tersebut merupakan area yang harus steril dengan alasan faktor keselamatan.

Saksi yang berada di sana juga telah mengingatkan rombongan turis tersebut bahwa kereta akan segera berangkat, namun para turis tersebut tetap melakukan selfie. Tiga kali himbauan dari staf stasiun pun juga tidak diindahkan oleh mereka, hingga pada akhirnya masinis Shinkansen pun turun tangan dengan membunyikan klakson panjang untuk memberi peringatan. Setelah terkejut akan klakson panjang dari Masinis Shinkansen, akhirnya para turis tersebut menepi dan Shinkansen-pun dapat diberangkatkan dengan keterlambatan waktu 10 menit.

Advertisement Inline

Jalur kereta cepat yang menghubungkan Tokyo dan Osaka ini sendiri terbilang sibuk. Dengan ratusan jadwal, jalur ini dapat mengangkut puluhan ribu orang per hari. Tak heran, apabila terjadi keterlambatan pasti akan menjadi masalah bagi ribuan orang yang ini menuju Tokyo dan sebaliknya. Apalagi pada akhir tahun di Jepang, perjalanan Shinkansen ditambah untuk mengakomodir lonjakkan penumpang yang ingin menuju Tokyo maupun Osaka.

Para Turis yang berfoto di sebelah Shinkansen yang akan berangkat mengakibatkan kereta terlambat 10 menit (Iria Higashiyama)

Umumnya, perjalanan kereta antara Tokyo dan Osaka ataupun sebaliknya berjarak sekitar 10 menit per perjalanan kereta. dikarenakan adanya perjalanan kereta tambahan, maka jarak antar kereta menjadi sekitar 5 menit perkereta. Keterlambatan selama 10 menit sudah pasti menjadi masalah, karena akan berimbas ke perjalanan kereta di belakangnya.

Cemplus Newsline by KAORI

1 KOMENTAR

  1. mau tanya dong, telat 10 menit itu informasinya valid gak? apa gk ada rilis dari media jepang? biasanya kalau telat lama kayak gtu kan suka heboh di jepang pun, atau, ada bukti nya gak shinkansen pada saat itu telat 10 menit gara2 turis indonesia trsbt, atau cuma satu statment dari satu sumber itu saja?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.