BAGIKAN
Shinkansen yang anjlok menutupi perlintasan di Hamamatsu ( twitter / @airbus0727kait1 )

Peristiwa langka terjadi di jagad perkeretaapian Jepang. Setelah bulan Mei lalu kereta inspeksi milik JR East Anjlok di Prefektur Gunma, pada Selasa (8/8), Kereta cepat Jepang (Shinkansen) tipe N700A milik Central Japan Railway Company (JR Central) anjlok dan menutupi sebuah perlintasan sebidang di Prefektur Shizuoka, Jepang.

Shinkansen anjlok dan menutupi perlintasan sebidang di Hamamatsu
Rangkaian Shinkansen yang benar-benar menutup perlintasan sebidang (Twitter / @1993ryoma)

Rangkaian Tokaido Shinkansen ini tengah berjalan perlahan menuju Bengkel Shinkansen Hamamatsu milik JR Central yang terletak di distrik Naka, Kota Hamamatsu, Prefektur Shizuoka. Namun, setelah melintasi sebuah perlintasan sebidang kereta nomor 9 sampai 11 tiba-tiba bergoyang cukup keras hingga anjlok dan menutupi perlintasan tersebut.

Advertisement Inline

Dilansir dari NHK News, kejadian tersebut terjadi pukul 5 sore waktu setempat. Saat itu, rangkaian Tokaido Shinkansen tipe N700A dengan formasi 16 kereta ini sedang dilangsir menuju ke bengkel Hamamatsu dengan kecepatan 5 km/jam. Tidak ada korban baik cedera maupun jiwa karena saat akan masuk bengkel, rangkaian shinkansen ini dalam kondisi kosong. Namun akibat kejadian ini, sebuah perlintasan sebidang yang berada di pemukiman penduduk tertutup total oleh rangkaian Shinkansen tersebut.

N700A
N700A (Twitter / @F2db6lBAmzATZwj)

JR Central bergerak cepat dengan memprioritaskan pembukaan perlintasan sebidang yang tertutup oleh rangkaian ini. Upaya yang dilakukan adalah dengan memisahkan rangkaian Shinkansen dan menarik rangkaian kereta 1 sampai 8 yang sempat menutupi perlintasan, untuk ditarik ke dalam bengkel. Butuh waktu hingga 5 jam untuk bisa mengevakuasi rangkaian akibat kejadian langka ini. Perlintasan dapat kembali dibuka pada pukul 10 malam waktu setempat. Rangkaian kereta shinkansen 9 – 16, termasuk kereta nomor 9 – 11 masih tetap dibiarkan di jalurnya, sembari menunggu penyelidikan dan kajian mendalam dari JR Central.

Berikut video proses langsir Tokaido Shinkansen kereta 1 – 8 yang diunggah oleh salah satu penggemar kereta (railfan) Jepang ke akun Twitter-nya:

Sampai berita ini dibuat, JR Central masih menyelidiki penyebab anjloknya rangkaian Shinkansen N700A ini.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.