Perluas Jaringan, Stockholm Kembali Pesan Seri A35 Dari CAF

0
Tram seri A35 dengan 3 kereta yang nantinya akan beroperasi di jalur pertambahan Tvärbanan (Railway Gazzete/Holger Ellgaard)

Storstockholms Lokaltrafik mengumumkan pembelian kembali 10 rangkaian tram seri A35 dari CAF. Pembelian ini sendiri merupakan bagian dari perluasan jaringan tram di Stockholm. 

Pemesanan ini diumumkan pada 24 Juni 2020 yang sebelumnya telah disepakati pada akhir 2010 lalu. Kesepakatan ini termasuk di dalamnya pesanan 15 tram yang nantinya dapat bertambah sampai 121 tram. Kabar terbaru, opsi pesanan yang diambil yaitu sebanyak 52 rangkaian dengan 43 rangkaian tram dengan formasi 3 kereta (seri A35) dan 9 rangkaian dengan 4 kereta (seri A36) yang dioperasikan di Lidingöbanan.

Seri ini sendiri merupakan bagian dari CAF Urbo AXL dengan tambahan modifikasi agar cocok beroperasi di cuaca Skandinavia. Dengan 2 kabin di kedua arahnya, tram ini dapat mengangkut 221 penumpang dalam sekali angkut.

Stockholm sendiri telah membeli 20 rangkaian seri A35 untuk beroperasi di jalur cabang sepanjang 8 km di Kistagren, Tvärbanan yang nantinya akan mengakomodir jalur antara Bandara Ulvsunda dan Bromma pada akhir tahun ini. Layanan ini juga akan diperpanjang ke Kista dan Helenelund pada tahun 2023. Pada gelombang pertamanya, 10 kereta yang dipesan pada 2017 dikirimkan ke Stockholm pada Oktober 2019 dan gelombang kedua akan diperlukan pada saat perpanjangannya selesai. 

Advertisement Inline

Cemplus Newsline by KAORI

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.